Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit KH.Abdurrahman Syamsuri Paciran Lamongan

Adi Lukman Hakim, Ita Saniatuz Zumala

Abstract


Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan di rumah sakit KH. Abdurrahman Syamsuri Paciran Lamongan.  Metode: Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Subjek penelitian ini yakni Karyawan rumah sakit KH. Abdurrahman Syamsuri Paciran. Objek penelitian ini yakni kecerdasan emosional. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling, yaitu memilih rrsponden sebagai sampel dengan acak. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji t, dan uji determinasi (R²). Finding/Results: Bahwa kecerdasan emosional berpengaruh secara positif terhadap kinerja karyawan. Hal ini dilihat dengan nilai probabilitas (α)
0,05 (0,000<0,05). Dan bisa dilihat dari Thitung > Ttabel yaitu 22,589 > 2.00172 yang berarti Thitung lebih besar dari Ttabel Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan nilai determinasi (R²) diperoleh 0,898. Hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas memberikan pengaruh cukup besar terhadap variabel terikat yaitu sebesar
89,8% sedangkan sisanya 10,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional dan Kinerja Karywana


Full Text:

PDF

References


Daulany, Muhammad Toyib. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap produktivitas karyawan PT.Sinar Sejahtera Mandiri Medan.Vol 2 No1

Rahmasari, Lisda. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah Informatika.

Risma, Devi. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan. EDUCHILD.No.1 Vol.3

Wahyuningtyas, Pristy Sila. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.