Pendampingan Kader Posbindu penyakit tidak menular di desa Karangsambigalih Sugio

faizatul Ummah, Muhamad Ganda Saputra, Ari Kusdiana

Abstract


Penyakit tidak menular adalah penyakit yang tidak disebabkan oleh infeksi bakteri,virus,maupun kuman.Tingginya penyakit tidak menular menjadi beban dalam pelayanan kesehatan sekaligus menjadi tantangan yang harus dihadapi dalam pengembangan di bidang kesehatan.untuk itu perlunya perqan kader posbindu PTM sangat diperlukan,namun peran kader posbindu PTM belum terbilang  maksimal dikarenakan kurangnya pengalaman,skill serta pengetahuan yang dimiliki oleh kader,hal tersebut dikarenakan kurangnya kader untuk belajar serta kurangnya penyuluhan dari Tim PKRS,maka dari itu pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pendampingan kader posbindu PTM terhadap perubahan pengetahuan dan keterampilan kader. Dari pelaksanaan kegiatan pendampingan kader posbindu PTM tersebut,bahwa pengurangan angka PTM dapat dikurangi melalui pemahaman serta mengoptimalkan kader posbindu.melalui kegiatan ini,masyarakat dan para kader memiliki bekal dan pemahaman agar lingkungan hidup di desa menjadi lebih sehat.Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya pemahaman kader dan masyarakat tentang PTM yang dibahas dan di diskusikan saat sesi penyampaian materi.


References


Saputra, M. G., Nurdiana, F., Kes, N. M., & Al Mabruri, M. F. (2020). HUBUNGAN PERAN GANDA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT WANITA DI PELAYANAN RUMAH SAKIT. Journal Of Health Care, 1(2).

Ummah, F., Kusdiyana, A., & Saputra, M. G. (2021). PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN BERBASIS WEBSITE. Jurnal Abdimasmuhla, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.