Pemberdayaan Kader Posyandu dalam Pencatatan dan Pelaporan Berbasis Website di Posyandu

Muhamad Ganda Saputra, Faizatul Ummah, Ari Kusdiana

Abstract


Penggunaan internet dan teknologi Informasi di Posyandu Kanthil, Kamboja dan Soka di Desa Tegaltirto belum dimanfaatkan secara maksimal. Hal disebabkan karena pengetahuan dan sarana yang belum mencukupi. Kendala lain yang muncul terkait dengan sistem pencatatan, pelaporan dan pemantauan yang masih manual menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh kader dalam pelaksanaan kegiatan posyandu, karena data yang dapat dipantau hanya terbatas pada saat pelaksanaan posyandu dan data tersebut tidak lengkap. Pembuatan website Sistem Informasi Pelayanan Posyandu (SIPANDU) dilakukan dengan tujuan sebagai sarana untuk mempermudah pelaporan dan pemantauan bagi kader terkait pelayanan posyandu. Metode yang digunakan yaitu dengan memberikan edukai melalui pelatihan pengoperasian perangkat lunak dan perangkat keras. Evaluasi penggunaan perangkat lunak “Website SIPANDU†dilakukan setelah pelatihan selesai. Hasil yang didapatkan yaitu kader mampu mengoperasikan website SIPANDU dan 100% memiliki sikap yang positive dalam menerima inovasi untuk sistem pencatatan dan pelaporan berbasis website


References


https://docs.google.com/document/d/1Owhym_qeYJ1c9CpJY2x2k8te9z9PfqXFz5qdX4TcyL4/edit?usp=sharing

Saputra, M. G., Nurdiana, F., Kes, N. M., & Al Mabruri, M. F. (2020). HUBUNGAN PERAN GANDA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT WANITA DI PELAYANAN RUMAH SAKIT. Journal Of Health Care, 1(2).

Ummah, F., Kusdiyana, A., & Saputra, M. G. (2021). PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN BERBASIS WEBSITE. Jurnal Abdimasmuhla, 2(1).

https://www.elitery.com/id/articles/mudahnya-implementasi-sipandu-untuk-sistem-pelaporan-anda/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.