Peningkatan kualitas hidup lansia melalui penerapan pola hidup sehat

Nuriyati Nuriyati, Nahardian Vica Rahmawati

Abstract


Peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan usia harapan hidup merupakan salah satu dampak positif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal ini juga dapat mengakibatkan peningkatan jumlah populasi lansia. Berbagai aspek kehidupan baik sosial, ekonomi dan kesehatan merupakan dampak dari peningkatan populasi pada lansia. Tidak sedikit lansia akan mengalami sakit hingga mereka meninggal tanpa dapat menikmati masa tua yang bahagia, namun tidak sedikit pula lansia yang menikmati masa tuanya dengan bahagia. Populasi lansia baik secara global, Asia dan di Indonesia diprediksi akan terus mengalami peningkatan. Laporan PBB pada tahun 2011, usia harapan hidup antara tahun 2000 sampai 2005 adalah 66,4 tahun. Tahun 2000 persentase populasi lansia sebesar 7,74%. Pada tahun 2045 sapai 20250 angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat menjadi sebesar 77,6 tahun. Tahun 2045 persentase populasi lansia diperkirakan menjadi 28,68% (Infodatin, 2015).

Tahap akhir perkembangan hidup manusia adalah lansia (lanjut usia). Pada tahap ini akan terjadi beberapa kemunduran ataupun penurunan fungsi secara fisik, psikologis dan sosial (Hurlock, 2006). Stanhope dan Lancaster (2016) menuliskan akibat adanya proses menua pada lansia, lansia akan mengalami penurunan fungsi biologi. Lingkungan sosial yang tidak mendukung akan memicu terjadinya stres pada lansia. Penurunan pendapatan akibat lansia yang sudah pensiun akan berpengaruh terhadap aspek ekonomi lansia, sedangkan timbulnya beberapa penyakit pada lansia hingga terjadinya kematian , disebabkan perubahan perilaku dan gaya hidup seperti kurang aktivitas fisik dan konsumsi makanan yang tidak sehat.


References


Devi Maya Puspita Sari1, Canina Yustisia Dwi Lestari. (2018). Kualitas Hidup Lansia Ditinjau Dari

Sabar Dan Dukungan Sosial. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 06, No.02

Ekasari, Mia fatma, ni amde riasmini, tien hartini. 2018. Meningkatkan kualitas hidup lansia konsep

dan berbagai intervesi. Malang; wineka media.

Infodatin. Situasi Lanjut Usia (Lansia) di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan; 2015.

Saputra, M. G., Nurdiana, F., Kes, N. M., & Al Mabruri, M. F. (2020). HUBUNGAN PERAN GANDA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT WANITA DI PELAYANAN RUMAH SAKIT. Journal Of Health Care, 1(2).

Ummah, F., Kusdiyana, A., & Saputra, M. G. (2021). PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN BERBASIS WEBSITE. Jurnal Abdimasmuhla, 2(1).

Kiik, Stefanus Mendes, Junaiti Sahar, Henny Permatasari. 2018. Peningkatan Kualitas Hidup Lanjut

Usia (Lansia) di Kota Depok dengan Latihan Keseimbangan. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 21 No.2, Juli 2018, hal 109-116. DOI: 10.7454/jki.v21i2.584


Refbacks

  • There are currently no refbacks.