HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN COMPLAINT HANDLING DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI PUSKESMAS TURI LAMONGAN

Faizatul Ummah, Naajihah Mafruudloh, Senja Anggun RC, Suratmi M.Kep, Majakin MARS

Abstract


Perilaku caring perawat dan ketanggapan penanganan keluhan sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan disebuah pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan complaint handling dalam pelayanan keperawatan di Puskesmas Turi Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional, dengan desain analitik korelasional, dengan menggunakan teknik consecutive sampling didapatkan 37 responden. Variabel independen adalah perilaku caring perawat dan variabel dependen adalah complaint handling. Instrumen perilaku caring menggunakan kuesioner tertutup, complaint handling menggunakan kuesioner tertutup. Penelitian didapatkan hasil hampir sebagian perilaku caring perawat cukup sebanyak 17 orang (45,9%) dan hampir sebagian complaint handling cukup sebanyak 18 orang (48,6%) penelitian ini menggunakan program SPSS 16.0 For Windows menggunakan uji Spearmen Rank dengan nilai α=0,05 diperoleh nilai p= 0,000 artinya ada hubungan antara perilaku caring perawat dengan complaint handling dalam pelayanan keperawatan di Puskesmas Turi Lamongan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pelayanan kesehatan lebih memprioritaskan kulaitas pelayanan yaitu dengan memperbaiki perilaku caring perawat dan complaint handling sehingga tidak terjadi keluhan yang berulang.

 

Kata Kunci: Perilaku Caring, Complaint Handling, Pelayanan Keperawatan.


Full Text:

FULL TEXT

References


Akrian, N, dkk. (2015). Hubungan Respon Time Perawat dengan Tingkat Kecemasan Pasien Kategori Triase Kuning di IGD RSU GMIM Kaloran Amurang. Ejournal Keperawatan. Volume 3, Nomor 2.

Engel, James. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Fatimah, A. (2015). Pengaruh Kualitas Manajemen Komplain, dan Tingkat Margin Terhadap Kepuasan Nasabah Produk Pembiayaan Murabahah.

Mailani,F. (2017). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien BPJS di RSUD DR. Rasidin Padang, Journal Endurance 2(2).

Nursalam.(2011). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional (Edisi: 3). Jakarta: Salemba Medika.

Sartika, Nanda. (2011). Konsep Caring Dalam Pelayanan Keperawatan. Jakarta: Erlangga.

Surtiningsih, D. (2016). Penerapan Respon Time Perawat Dalam Pelaksanaan Penentuan Prioritas Penanganan Kegawatdaruratan Pada Pasien Kecelakaan, Vol. 3, No.2, Mei 2015

Vivian Tumuber. (2017). Penanganan Keluhan Masyarakat Pada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Muhamad ganda Saputra. (2017). Perilaku Perawat. Lamongan: Akperla Press

Wilson, D. (2015). Wong’s Nursing Care Of Infant and Children. Canada: Elsevier Mosby.

Wulandari,R. (2014). Gambaran Pengelolaan Penanganan Keluhan di RSUD REBO. Juni 2014.

Yonasari, Estie. (2018). Gambaran Penanganan Keluhan Pelanggan di Unit Customer Service Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semara


Refbacks



Prodi Administrasi Rumah Sakit Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal of Health Care is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020.