Tinjauan Ketidaklengkapan Petugas dalam Pengisian Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT) pada Berkas Rekam Medis Rawat Inap

Dian Novita, Aznila Fitri, Yulia Fitriani

Abstract


Catatan perkembangan pasien terintegrasi (CPPT) merupakan kegiatan petugas kesehatan (dokter, perawat, apoteker, ahli gizi, dan petugas lainnya) dalam mencatat hasil kegiatan yang dilakukan. Lembar ini berisi identitas pasien, tanggal, jam, catatan dokter yang merawat, catatan staf klinis lainnya, dan di verifikasi dengan paraf dan nama petugas yang mengisi. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan gambaran umum tentang tinjauan ketidaklengkapan petugas dalam pengisian CPPT pada berkas rekam medis rawat inap. Metode penelitian ini adalah metode literature review dengan menggunakan 8 jurnal yang di akses dari Google Cendekia terkait tema yang nantinya akan diseleksi kembali dan mendapatkan 3 jurnal utama yang akan dibahas secara detail dan mendalam dengan cara menganalisis, menguraikan, mencari kesamaan, ketidaksamaan, pandangan, perbandingan, dan membuat ringkasan. Hasil dari literature review ini adalah tinjauan ketidaklengkapan petugas dalam pengisian CPPT pada berkas rekam medis rawat inap. Ketidaklengkapan dapat mempengaruhi mutu pelayanan rumah sakit, mutu rekam medis termasuk dalam salah satu standar penilaian akreditasi rumah sakit. Unit rekam medis merupakan salah satu unit yang vital dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit, tanggung jawab dari unit rekam medis dan staf medis yang bersangkutan adalah meliputi pengelolaan isi rekam medis. Isi rekam medis merupakan sumber informasi pasien sehingga ketidaklengkapan rekam medis dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi proses pelayanan kesehatan kepada pasien. Hasil penelitian masih ditemukannya pengisian CPPT yang tidak lengkap di rumah sakit tahun 2020.

 

Kata Kunci: Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT), rekam medis, ketidaklengkapan CPPT, Profesional Pemberi Asuhan (PPA).


Full Text:

FULL TEXT

References


Aryanti Fauziah Ajeng. (2014). Analisis Kelengkapan Pengisian Berkas Rekam

Medis Pasien Rawat Inap RSAU DR. Esnawan Antariksa Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Depkes RI. (2006). Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis

Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta: Depkes RI

Depkes RI. NO.3 Tahun 2020 tentang Rumah Sakit

Dzulhanto Yunus, Bima (2018). Kelengkapan Pengisian Dokumen Rekam Medis Penyakit Hernia Dengan Metode Analisis Kuantitatif. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan (J-MIAK) Volume 01, No 01, Tahun 2018 ISSN: 2621-6612.

Menkes No.269 Tahun. (2008). Tentang Rekam Medis. Pemerintah RI. Jakarta.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009. (2009). Tentang Rumah Sakit. Jakarta.

Menkes No.269. (2008). Tentang Rekam Medis. Pemerintah RI. Jakarta.

Pamungkas Tiara Wahyu. (2010). Analisis Ketidaklengkapan Pengisian Berkas Rekam Medis Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Hasibuan Sabela Ali. (2019). Ketidaklengkapan Dokumen Rekam Medis Rawat Inap Pada Pasien Diabetes Millitus di RSU IMELDA MEDAN.Jurnal ilmiah perekam dan informasi kesehatan imelda Vol. 4, No.2, september 2019.

Hidayah Aep Nurul. (2019).Analisis Kelengkapan Rekam Medis.

Lestari,Yani (2017). Hubungan Interprofesional Kolaborasi Dengan Pelaksanaan Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi Di RSUD.PROF.DR.H.M. ANWAR MAKKATUTU KABUPATEN BANTAENG.JST Kesehatan, Januari 2017, Vol. 7 No.1 :85-90 ISSN 2252-541.

Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rekana

Cipta

Nurmalasari,Yesi (2018). Analisis Faktor Ketenagaan Yang Berhubungan Dengan Kelengkapan Pengisian Rekam Medis Pada Pasien Rawat Inap di RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2018. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, Volume 4, Nomor 4, Oktober 2017.

Nopriyanto,Dwi (2019). Peningkatan Pendokumentasian Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi Melalui Penguatan Peran Kepala Ruang Dengan Pendekatan Teori Orlando. Holistik Jurnal Kesehatan, Volume 13, No.1, Maret 2019: 19-28.

Simanjuntak, Marta. (2018). Tinjauan Kepatuhan Dokter Dalam Pengisian Dokumen Rekam Medis Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia (RSU IPI) Medan Tahun 2018.Jurnal Ilmiah Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Imelda Vol. 3 No. 2 September 2018.

Setiatin, Sali. (2018). Pengaruh Kelengkapan Pengisian Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT) Rawat Inap Terhadap Penilaian Standar 13.3 Manajemen Informasi Rekam Medis Versi Snars Di Santosa Hospital Bandung Kopo. Jurnal INFOKES- Politeknik piksi Ganesha.


Refbacks



Prodi Administrasi Rumah Sakit Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal of Health Care is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020.