HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG DISCHARGE PLANNING DENGAN PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING : LITERATURE REVIEW

Muhamad Ganda Saputra, Nahardian Vica R., Ari Kusdiana, Nali Rateh

Abstract


Discharge planning adalah salah satu komponen dalam sistem perawatan berkelanjutan yang diperlukan pasien saat sudah di rumah untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan setelah keluar dari rumah sakit. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelasakan hubungan antara pengetahuan perawat tentang discharge planning dengan pelaksanaan discharge planning. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Penelusuran jurnal menggunakan 4 database yaitu SINTA 1, Science Direct, Google Scholar, dan Scopus untuk mencari artitikel atau jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi. Artikel terbit sesuai dengan kriteria inklusi yakni mulai tahun 2015-2020 dan berbahasa Indonesia dan Inggris. Setelah mengumpulkan data, semua data diseleksi sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi kemudian diseleksi studi dengan menggunakan flow diagram PRISMA 2009. Pencarian jurnal menggunakan database mendapatkan hasil 1020 jurnal dan kemudian diseleksi hingga terpilih 10 jurnal untuk dilakukan review. Dari analisis 10 jurnal tersebut menyatakan hasil bahwa ada hubungan antara pengetahuan perawat tentang discharge planning dengan pelaksanaan discharge planning yang dilakukan oleh perawat. Pengetahuan perawat dapat mempengaruhi Pelaksanaan discharge planning yang dilakukan oleh perawat di rumah sakit. Pengetahuan perawat diperlukan dalam pelaksanaan discharge planning untuk mengidentifikasi masalah pasien agar dapat mengetahui tindakan lanjutan perawatan saat sudah pulang ke rumah.

 

Kata Kunci: Pengetahuan Perawat, Discharge Planning


Full Text:

FULL TEXT

References


Hariyati, D. (2013). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelengkapan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan . Jurnal Keperawatan.

Kumalasari, H. (2014). Hubungan Pemberian Discharge Planning Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Gagal Jantung di Ruang Emergency PJT RDUD Sunglah Denpasar. Universitas Udayana Denpasar

Li-En, L., & dkk. (2017). Effectiveness Of Needs-Oriented Hospital Discharge Planning For Caregiver Of Patients With Schizophrenia. Hal 1-35

Nurjihaduddin, A., & Darliana, D. (2017). Pengetahuan Perawat Pelaksana dengan Pelaksanaan Discharge Planning di RSUD Meuraxa Banda Aceh, 1(1), 1-5.

Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan (Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional edisi:5). Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam & Efendi. (2009). Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Octaviani, K. R., & Darmawan, D. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan Perawat dengan Pelaksanaan Discharge Planning di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tk. II Dustira Cimahi . Jurnal Keperawatan, 2(2), 49-59.

Okatiranti. (2015). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Perawat Dalam Pelaksanaan Discharge Planning Pada Pasien Diabetes Mellitus Type II, 3(1), 18-24.

Potter, P. &. (2010). Fundamental Of Nursing: Fundamental Keperawatan Edisi 7. Jakarta: EGC.

Pribadi, T., Gunawan, M. R., & Djamaludin, D. (2019). Hubungan Pengetahuan dan Komunikasi Perawat dengan Pelaksanaan Perencanaan Pulang di Ruang Rawat Inap RSUD Zainal Abidin Pagaralam Way Kanan. Malahayati Nursing Journal, 1(1), 55-68.

Purnamasari, L. D., & Ropyanto, C. B. (2012 Shofiana, A. M., & Kurniawati, T. (2014). Hubungan Persepsi Perawat Tentang Manfaat Discharge Planning dengan Pelaksanaan Discharge Planning di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. 1-13.

Sitanggang, R. L., & Frida, E. M. (2019). Hubungan Pengetahuan Perawat dengan Pelaksanaan Perencanaan Pulang di Ruang Rawat Inap RS Martha Friska P. Brayan Medan. 5(1), 1-10.

Sumah, D. F., & Nendissa, R. A. (2019). Pengetahuan Perawat Berhubungan dengan Pelaksanaan Discharge Planning di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon. Riset Kesehatan, 9(4), 352-357.). Evaluasi Pelaksanaan Perencanaan Pulang. 1(1), 213-218.

Suratmi, dkk. (2012). Pengaruh Discharge Planning Terhadap Kesiapan Pasien Post Operasi Menghadapi Pemulangan Diruang Bougenviel RSUD dr.Soegiri Lamongan.

Sumber Daya. Jakarta: EGC.

Tololiu, M., Girsang, O., & Akay, T. (2017). Hubungan Pengetahuan Perawat dengan Pelaksanaan Discharge Planning Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Noongan. 7(1), 82-88.

Wulandari, D. F., & Hariyati, R. T. (2019). The Implementation Of Discharge Planning In The General Hospital Jakarta. 2(1), 70-81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prodi Administrasi Rumah Sakit Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal of Health Care is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020.