PENGARUH KUALITAS PELAYANAN POLI SPESIALIS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH SAKIT KH. ABDURRAHMAN SYAMSURI PACIRAN LAMONGAN

Suyitno Suyitno, Warsido Warsido, Muhammad Roni Syahrul Anwar

Abstract


Seiring majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada pesatnya perkembangan dalam dunia bisnis, baik bisnis manufaktur maupun jasa. Salah satu cara bertahan di dunia industri dan dunia usaha saat ini adalah dengan menciptakan kepuasan pelanggan melalui peningkatan kualitas jasa. Kesadaran membangun kualitas jasa tidak saja terkait melalui tahap pengembangan dan proses produksi, melainkan termasuk mendengar suara pelanggan dan harapan konsumen jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan poli spesialis rumah sakit KH. Abdurrahman Syamsuri (RS. ARSY) sebagai pusat kesehatan masyarakat di daerah Paciran. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien poli spesialis di RS. ARSY Paciran. sampel dalam penelitian ini adalah 100 pasien poli spesialis. Dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Serta prosedur pengumpulan data menggunakan data primer dan data skunder. Untuk memudahkan memecahkan masalah, Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi sederhana, uji parsial (uji T) dan koefisien deternasi (R2) dengan bantuan SPSS versi 25.0. Berdasarkan uji validitas terhadap variabel kualitas pelayanan dimana koefesien korelasi setiap item pernyataan dalam indikator yaitu kehandalan (X1.1) sebesar 0,941, daya tanggap (X1.2) sebesar 0,961, jaminan (X1.3) sebesar 0,858, empati (X1.4) sebesar 0,951, dan bukti fisik (X1.5) sebesar 0,944, serta uji validitas terhadap kepuasan pasien dengan koefesien korelasi setiap item pernyataan (Y1.1) sebesar 0,962, (Y1.2) sebesar 0,874 dan (Y1.3) sebesar 0,913, sehingga dapat disimpulkan setiap nilai dinyatakan valid. Berdasarkan analisis koefesien determinasi (R Squere) Sebesar 0,966, nilai tersebut menunjukan bahwa kualitas pelayanan (X) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 0,966, sama dengan 96,6% sedangkan sisanya 4,4% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti atau eror (e). Dengan hasil penelitian kualitas pelayanan di poli spesialis dengan indikator kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik dengan memberikan pelayanan yang baik dan professional sehingga menimbulkan dampak yang signifikan dan memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pasien poli spesialis di rumah sakit KH. Abdurrahman Syamsuri Paciran                    (RS. ARSY) Paciran Lamongan. 

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Poli Spesialis, Kepuasan Konsumen


Full Text:

FULL TEXT

References


Alianasya, Teuku. 2012. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Skripsi. Aceh.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta, Bumi Aksara.

Barsky, Keki R. 1992. Beyond Customer Satisfactions To Customer Loyality, AMA Management Briefing, New York.

Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Fandy Tjiptono. 1997. Total Quality Service, Gramedi. Yokyakarta.

_____. 2007. Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.

Ghozali, I.(2006). Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS Cetakan. Keempat.

Hariyanti, K. Dan Hadi, S. 2000, Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan dan Nilai Konsumen dengan Kepuasan Konsumen. Psikomensia Kajian Ilmiah Psikologis Vol. 1. Semarang.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesebelas. PT. Indeks, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

________, Rambat&Hamdani.2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Universitas Muhammadiyah Lamongan, 2020, Pedoman Penyusunan Skripsi, Lamongan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Sri, R. 2016, Analisis Kualitas Pelayanan BPJS dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit.Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Sakit Natar Medika Natar Lampung Selatan, di kutip pada 20 Juli 2021.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan 22. Alfabeta. Bandung.

_______. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sutedjo Dharma Oetomo Budi. 2007. Manajemen Kualitas Pelayanan, Yokyakarta: Andi Offset.

Teuku, Aliansyah. 2012. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Aceg Syariah Cabang Banda Aceh, di akses pada 20 juli 2021.

Tjiptono, Fandi dan Diana Anastasia, 2000, Total Quality Management, Andi, Yogyakarta.

Universitas Muhammadiyah Lamongan. 2020. Buku Pedoman Penyusunan Skripsi Tahun Akademik 2020/2021. UMLA. Lamongan.

Valentina, 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Studi pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prodi Administrasi Rumah Sakit Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal of Health Care is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020.