Pengaruh Penyuluhan Berbasis Video Whatsapp tentang Persalinan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Klabang Kabupaten Bondowoso

Kholisotin Kholisotin, Yuana Dwi Agustin, Agung Dwi Prasetyo

Abstract


Background: Pertolongan persalinan merupakan faktor penting dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan anak. Di Indonesia pemanfaatan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan yang kompeten masih kurang dibandingkan target yang diharapkan, termasuk di Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso pada tahun 2018 hanya mencapai 86,10%.

Objectives: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penyuluhan berbasis video whatsapp tentang persalinan terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil trimester III di Puskesmas Klabang Kabupaten Bondowoso.

Design: Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah semua ibu hamil Trimester III di wilayah kerja Puskesmas Klabang yang diperkirakan melahirkan pada bulan Mei-Juni tahun 2019, dengan jumlah sampel sebesar 33 orang. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan nilai signifikansi sebelum dan setelah penyuluhan sebesar 0,000 < 0,005.

Results: dari 33 responden, 20 responden menunjukkan adanya peningkatan sikap yang positif setelah diberikan eksperimen. Hasil analisa statistik dengan uji Wilcoxon diperoleh nilai p- value 0,000 (p<0,05), artinya terdapat pengaruhartinya terdapat perbedaan sikap sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan berbasis video whatsapp tentang persalinan. Sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan atau hipotesa peneliti diterima.

Conclusions: Disimpulkan bahwa ada pengaruh penyuluhan berbasis video whatsapp tentang persalinan terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil trimester III di Puskesmas Klabang Kabupaten Bondowoso.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.38040/js.v11i02.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Surya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Faculty of Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Journal Surya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Journal Surya p-ISSN 1979-9128 ISSN Online 2715-064X

Indexing and Database