Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Video untuk Meningkatkan Pengetahuan Caregiver dalam Merawat Klien Halusinasi

Bambang Eryanto

Abstract


Background: Upaya untuk meningkatkan pengetahuan caregiver tentang halusinasi adalah dengan pemberian pendidikan kesehatan jiwa pada caregiver. Peningkatan pengetahuan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai metode, diantaranya dengan menonton video.

Objectives: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian pendidikan kesehatan jiwa dengan metode menonton video dalam meningkatkan pengetahuan caregiver tentang halusinasi

Design: Penelitian ini menggunakan eksperimental semu dengan rancangan pre test dan post test group design, dengan sampel 30 responden. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling,  skor pengetahuan caregiver di ukur dengan kuesioner pengetahuan tentang halusinasi yang dikembangkan sendiri dengan uji validitas (0,707) dan uji reliabilitas (0,968). Data yang diperoleh di uji dengan menggunakan uji Wilcoxon test.

Results: Hasil rata-rata pengetahuan pre test caregiver adalah 7,57 naik menjadi 11,80 setelah dilakukan post test. Hasil analisis menggunakan uji wilcoxon didapatkan nilai p-value 0,000 < 0,05, artinya ada perbedaan signifikan antara pengetahuan pre test caregiver dengan pengetahuan post test caregiver.

Conclusions: Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian pendidikan kesehatan menggunakan metode video efektif dalam meningkatkan pengetahuan caregiver, sehingga video ini bisa digunakan untuk pendidikan kesehatan jiwa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.38040/js.v11i02.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Surya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal Surya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Journal Surya p-ISSN 1979-9128 ISSN Online 2715-064X

Journal Visitors

Flag Counter

Web Analytics View My Stats