Gambaran Pengetahuan Lansia tentang Diet Asam Urat di Wilayah Kerja Puskesmas Kertasemaya Tahun 2018

Dedeh Husnaniyah

Abstract


Background: Asam urat adalah peradangan akibat adanya endapan kristal asam urat pada sendi dan jari. Asam urat yang berlebih dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, nyeri hebat, panas dan gangguan gerak pada penderitanya. Penderita terbanyak asam urat adalah lansia dan akan bertambah parah apabila disertai dengan pola konsumsi makanan yang tidak seimbang. Salah satu upaya untuk menurunkan kadar asam urat adalah dengan diet yang baik dan keberhasilan diet pada lansia berhubungan erat dengan pengetahuan yang dimilikinya.

Objectives: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengetahuan lansia tentang diet asam urat dalam upaya menurunkan kadar asam urat di wilayah kerja puskesmas Kertasemaya tahun 2018.

Design: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian ini lansia yang terdiagnosis asam urat di wilayah kerja Puskesmas Kertasemaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik  porposive sampling sebanyak 104 responden. Instrument penelitian ini adalah kuesioner yang di buat oleh peneliti dan analisa data yang digunakan adalah analisia univariat.

Results: Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 104 responden, perempuan lebih banyak yang menderita asam urat dibandingkan laki-laki sebanyak 70,2% (73 responden), presentase usia responden paling banyak pada usia ≤ 55 tahun yaitu 52,8% (55 responden), presentase pendidikan responden paling banyak Sekolah Dasar yaitu 66,3 (69 responden)  dan responden yang memiliki pengetahuan baik lebih banyak dibandingkan dengan responden yang memiliki pengetahuan cukup dan kurang yaitu 45,2% (47 responden).

Conclusions: Lansia dengan asam urat di wilayah kerja puskesmas Kertasemaya lebih banyak yang memiliki pengetahuan yang baik. Hasil penelitian ini diharapkan petugas kesehatan dapat menganalisis faktor lainnya yang dapat menurunkan kadar asam urat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.38040/js.v11i02.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Surya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal Surya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Journal Surya p-ISSN 1979-9128 ISSN Online 2715-064X

Journal Visitors

Flag Counter

Web Analytics View My Stats