Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keluhan Nyeri Punggung Pada Siswa di SMP Laboratorium UNESA Surabaya

Farida Umamah, Nurul Kamariyah, Firdaus Firdaus

Abstract


Background: Nyeri punggung dapat terjadi pada semua usia. Nyeri punggung dapat disebabkan oleh faktor usia, jenis kelamin, penggunaan tas punggung, aktifitas fisik dan indeks massa tubuh.

Objectives: Tujuan umum penelitian ini adalah menganalisis Faktor yang mempengaruhi  keluhan nyeri punggung pada siswa di SMP Laboratorium UNESA Surabaya.

Design: Desain penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi adalah siswa berjumlah 281 orang, besar sampel 227 responden diambil dengan teknik Probabability Sampling. Variable penelitian yaitu variabel independen penggunaan tas punggung, posisi duduk dan indeks masa tubuh, sedangkan variabel dependen (keluhan nyeri punggung). Instrumen menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Data yang diperoleh diuji dengan Mann-Whitney, Rank Spearman dan Chi Square dengan tingkat kemaknaan (α= 0,05).

Results: Hasil penelitian menunjukkan l uji Man-Whitney diperoleh ρ = 0,01, uji Rank Spearman diperolah ρ = 0,01 dan uji Chi Square ρ = 0,007 artinya terdapat hubungan penggunaan tas punggung, posisi duduk dan IMT dengan keluhan nyeri punggung pada siswa di SMP Laboratorium UNESA Surabaya.

Conclusions: Penggunaan tas punggung, posisi duduk dan indeks masa tubuh mempengaruhi  keluhan  nyeri punggung pada remaja. Peran perawat memberikan informasi tentang penggunaan tas punggung yang baik dan benar (safety), posisi duduk yang benar dan IMT sebagai tindakan pencegahan terjadinya nyeri punggung pada remaja.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.38040/js.v11i02.36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Surya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal Surya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Journal Surya p-ISSN 1979-9128 ISSN Online 2715-064X

Journal Visitors

Flag Counter

Web Analytics View My Stats