PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG KEPUTIHAN DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN DI AKBID DELIMA PERSADA GRESIK TAHUN 2018

Munisah Munisah

Abstract


Keputihan adalah salah satu hal yang sering dirasakan suatu masalah atau gangguan pada remaja putri, yang merupakan penyebab kedua  setelah gangguan menstruasi. Keputihan oleh remaja biasanya dianggap hal yang wajar sehingga keputihan biasanya tidak tertangani dengan baik. Penelitian kami susun untuk mengetahui kejadian keputihan di Akbid Delima Persada Gresik , supaya kami dapat meangani lebih awal kejadian yang dialami oleh anak didik kami. Penelitian yang kami lakukan jenis analitik observasional, dengan pendekatan crossectional, subjek penelitian adalah mahasiswa Akbid Delima Persada Gresik Tahun 2018 yang berjumlah 55 subjek. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Regresi Linier.  Hasil penelitian menjelaskan bahwa remaja putri berpengetahuan baik mencapai 36 subjek dan yang berpengetahuan kurang 19 subjek. Hasil analisi regresi linier menjelaskan bahwa ada hubungan antara pengetahuan remaja putri dengan kejadian keputihan di Akbid Delima Persada Gresik. Dari hasil penelitian ini akan kami tingkatkan pengetahuan remaja putri supaya tidak terjadi keputihan, kalau terjadi keputihan pada remaja putri harus segera melakukan pengobatan supaya tidak terjadi masalah yang lebih serius dan tidak ada masalah dengan organ reproduksinya.

Full Text:

PDF

References


Abid, M., Jyoti, Kumar, K.,Khan, R.,Ali, S.,Candra,P.,Rani, Ali Khan. 2016. Assessment of Leucorrhea diseases in female student. Delhi, India: IFTM University.

Andriyani, A. 2013. Panduan Kesehatan Wanita. Solo: As-Salam Group.

Azizah, N. 2015. Karakteristik Remaja Putri Dengan Kejadian Keputihan Di SMK Muhamadiyah. Kudus: Jurnal JIKK.

Agus, R. Budiman. 2013 Kapita Selekta Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Fitrianingsih. H, Kusumawati. Y., Nugriho, F. 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Pemeliharaan Organ Reproduksi Dengan Risiko Kejadian Keputihan Pada Siswi Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Kabupaten Klaten. Surakarta: UM. Surakarta.

Johar, W., Rejeki, S., Khayati. 2013. Persepsi dan Upaya Pencegahan Keputihan pada Remaja Putri di SMA Muhamadiyah 1 Semarang. Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang: Semarang.

Karyati, A. 2014. Korelasi Antara Perilaku Vulva Higiene Dengan Kejadian Keputihan Pada Mahasiswi Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjung Pura. Skripsi. Universitas Tanjungpura: Pontianak.

Manuaba IBG, 2011, Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan, Jakarta: EGC.

Sibagariang, E., Pusmaika., Rismalinda. 2010. Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: Trans Info Media

Sumarah, S., Widyasih, H. 2017. Effect Of Vaginal Hygiene Modul to Attitudes and Behavior of Pathological Vaginal Discharge Among Female Adolescent in Slemanregency, Yogyakarta: Poltekes Kemenkes Yogyakarta.

Somia, G., et. al. 2013. Women Facing Heavy Vaginal Discharge (Leucorrhea) By Virtue Of Unhealthy Life Style. Pakistan: Jinnah University For Women

Rakhmilla, et. al. 2016. Knowledge, attitude, and Practice about Vaginal Discharge on Scholl-age Girls in Jatinangor Senior High School. Bandung: Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran




DOI: https://doi.org/10.38040/js.v11i01.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Surya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Faculty of Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Journal Surya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Journal Surya p-ISSN 1979-9128 ISSN Online 2715-064X

Indexing and Database