Hubungan Sistem Unit Dose Dispensing dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Muhammadiah Babat Kabupaten Lamongan

Budi Utomo

Abstract


Background: Unit dose dispensing adalah obat yang dioder oleh dokter untuk pasien, terdiri satu atau beberapa jenis obat yang masing-masing dalam jumlah persediaan yang cukup untuk suatu waktu tertentu sehingga kebutuhan pasien terpenuhi dan pasien merasa puas.

Objectives: Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan sistem unit dose dispensing dengan kepuasan pasien di RS Muhammadiyah Babat Kabupaten Lamongan Tahun 2018

Design: Desain penelitian menggunakan metode Discriptive Correlation dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi Seluruh pasien/keluarga rawat inap di Ruang Keperawatan RS Muhammadiyah Babat Lamongan sebanyak 44 dengan teknik Simpel Random Sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner observasi dan dianalisa menggunakan uji Spearman’s Rho

Results: Hasil penelitian didapatkan kepuasan pasien tentang sistem unit dose dispensing yang dilakukan perawat sebagian besar sangat puas dengan presentase 88.6% (39 responden) dan pelaksanaan sistem unit dose dispensing sebagian besar berjalan dengan baik. Dengan uji Spearman’s Rho didapatkan p=0,000 dimana p < 0,05 artinya ada Hubungan Antara Sistem Unit Dose Dispensing Dengan Kepuasan Pasien Di RS Muhammadiyah Babat Lamongan

Conclusions: Melihat hasil penelitian di atas maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan sistem unit dose dispensing terhadap kepuasan pasien pemberian pelayanan seperti : sikap, pelayanan, pengetahuan, ketrampilan, treatment, fasilitas, dan standar prosedural pelayanan diberikan oleh pihak pemberi pelayanan terhadap pasien.

Full Text:

PDF

References


Andri, Priyoheriyanto. 2015. Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Sistem Distribusi Obat Unit Dose Dispensing Di Ruang Tulip Rawat Inap Kelas 1 RSUD Sidoarjo Bulan Juni Tahun 2015

Izzaty, Mutia Ratih. 2014. Analisis Faktor Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Untuk Keberlanjutan Kesehatan Menggunakan Sistem Dinamik (Studi Kasus : RSUD Sidoarjo)

Kuntoro. 2010. Buku Ajar Manajemen Keperawatan.Yogyakarta: Nuha Medika

Laila, Pondaag. 2011. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan di ruang interna RSUD Noongan

Nooria, Widoningsih. 2008. Pengaruh Persepsi Kulitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Loyalitas Pelanggan: Fakulitas Psikologi. Universitas Muhammadayah Surakarta

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2011. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional, Cetakan Ketiga. Jakarta: Salemba Medika.

Siregar, Charles j.p 2013. Farmasi Klinik : Teori & Penerapan . Jakarta : EGC




DOI: https://doi.org/10.38040/js.v11i02.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Surya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Faculty of Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Journal Surya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Journal Surya p-ISSN 1979-9128 ISSN Online 2715-064X

Indexing and Database