Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Komitmen Nasabah Untuk Menabung (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha Syari’ah Surya Perkasa Solokuro Lamongan)

Authors

  • Muasfandi Muasfandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran Lamongan, Indonesia

Abstract

Pendahuluan: Kepuasan dan kepercayaan adalah sebagian faktor yang dapat menumbuhkan komitmen nasabah yang menabung, jadi tidak heran jika semua lembaga keuangan berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik bagi para nasabah yang menabung. Salah satu koperasi yang memberikan pelayanan yang terbaik adalah Koperasi Serba Usaha Syari’ah Surya Perkasa Solokuro Lamongan. Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengunakn pendekatan diskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel yang berjumlah 50 responden yang menabung di Koprassi Surya Perkasa Solokuro Lamongan. Teknik pengambilan sambel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Teknik analisis datayang digunakan yaitu uji
Validitas dan Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Berganda, kemudian model regresi tersebut dilakukan pengujian hipotesis yakni secara uji simultan (Uji-F) dan secara uji Persial (uji-t) dan variabel yang dominan. Hasil: Pada hasil uji F secara simultan
dihasilkan, bahwa variabel kepuasan (X1) dan kepercayaan (X2) dengan uji F secara simultan (bersama-sama) mempunyai pengaruh terhadap komitmen nasabah. Berdasarkan hasil uji t terlihat bahwa Kepuasan nasabah (X1) berpengaruh dan signifikan terhadap komitmen nasabah untuk menabung. Kepercayaan nasabah (X2) 1 berpengaruh dan segnifikan terhadap komitmen nasabah untuk menabung


Kata Kunci: Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen

Downloads

Published

2021-12-02

Citation Check