Pelatihan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Peningkatan Penjualan Bisnis

Erna Nur Faizah, Adi Lukman Hakim, Jennifer Farihatul Bait

Abstract


Pandemi Covid-19 menuntut berjalannya bisnis menjadi Go Digital. Tidak hanya produk yang harus dipasarkan melalui teknologi, namun cara komunikasi dengan konsumen juga harus disusun secara sistematis untuk menstabilkan pendapatan. Diantara sejumlah perangkat yang digagas untuk menjawab tuntutan retensi pelanggan, CRM software dipilih karena perangkat ini dapat menampung data konsumen, data bisnis, melacak interaksi konsumen, serta melacak prospek perusahaan. Disamping itu, CRM juga sesuai dengan konsep relationship marketing. Implementasi CRM dapat menentukan segmentasi pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain pelatihan dalam menggunakan software Customer Relationship Management. Instrumen berupa learning experiance dan studi literatur. Program kemitraan masyarakat ini melibatkan pelaku start up bisnis di lingkungan Universitas Muhammadiyah Lamongan, terutama mahasiswa jurusan Akuntansi dan Manajemen. Adapun penentuan sampel dilakukan melalui metode purposive sampling, merupakan teknik pengambilan sampel berdasarkan kelompok yang dipilih secara acak. Hasil menunjukkan bahwa dengan adanya pelatihan Customer Relationship Management (CRM) sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan, tidak hanya berlaku pada perusahan berskala besar perusahaan besar tetapi juga bisa skalanya kecil bisa meningkatkan pelayanan baik kepada customer. serta menjalin hubungan baik dengan konsumen atau menjalin hubungan pemasaran pelanggan. Hasil penelitian bisa dilakukan oleh pelaku usaha mengingat terjadinya perubahan kondisi dan diharapkan pelaku usaha bisa bertahan

Full Text:

PDF

References


Alfin, A. (2021). Analisis Strategi UMKM dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(8), 1543–1552.

Barnes, J. G. (2003). Secret of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan). Yogyakarta: Andi.

Farida, N., Naryoso, A., & Yuniawan, A. (2017). Model of Relationship Marketing and E-Commerce in Improving Marketing Performance of Batik SMEs. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(1), 20–29.

Perkasa, G. (2020). Berubahnya Bisnis Kuliner di Masa Pandemi Covid-1. Retrieved March 15, 2021, from 20/04/2020 website: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/20/132308820/berubahnya-bisnis-kuliner-di-masa-pandemi-covid-19?page=all

Rosanti, Y., Irawan, M & Putra, D. T. (2020). Tantangan dan Strategi Customer Relationship Marketing dengan Prinsip Cleanliness, Health, and Safety (CHS) dalam Upaya Pemulihan Ekonomi di Kawasan Wisata Samosir. Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 1–13. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Singh, R & Khan, I. (2012). An Approach to Increase Customer Retention and Loyality in B2C World. International Journal of Scientific and Research Publications, 2(6).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.