PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI MADRASAH IBTIDAIYAH DI DESA LATUKAN KABUPATEN LAMONGAN

Silvia vagatha suraya, Mohammad Zain Assakhy, Nur Yasinta Dwi Febrianti, Dian Dwi Damayanti, Suratmi suratmi

Abstract


Pendidikan kesehatan merupakan hal penting dan langkah awal dalam meningkatkan pengetahuan mengenai kesehatan, terutama pada usia anak-anak. Salah satu pemasalahan kesehatan yaitu kurangnya pengetahuan tentang menyikat gigi yang baik dan benar. Tujuan penyuluhan ini adalah untuk mengetahui pengetahuan siswa-siswi MI di Desa Latukan. Hal ini perlu dilakukan karena pada usia ini, anak-anak mulai mengembangkan perilaku yang akan bertahan hingga dewasa, salah satunya adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut. Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut adalah dengan melakukan penyuluhan kesehatan. Melalui program penyuluhan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam meningkatkan upaya pelihara diri. Jenis penelitian ini menggunakan metode penyuluhan menggunakan Power Point dan peragaan menyikat gigi. Dalam kegiatan penyuluhan ini peserta ikut aktif dalam mengikuti instruksi yang diberikan oleh pemateri sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penyuluhan dengan Power point dan penyuluhan peraga gigi efektif untuk digunakan dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak.

Kata Kunci : Penyuluhan, Kesehatan Gigi dan Mulut, Pengetahuan, Metode Simulasi


Full Text:

PDF

References


Andini.(2018). Hubungan Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Pencegahan Karies Gigi Dengan Terjadinya Karies Gigi. Fakultas Keperawatan Universitas Riau.5.

DepKes R. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Indonesia. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta

Felton, A, Chapman, A, & Felton, S, 2009, Basic Guide to Oral Health Education And Promotion :Wiley-Blackwell.

Gede, Y.I., Pandelaki, K, Mariati, N. W., 2013, Hubungan Pengetahuan Kebersihan Mulut dengan Status Kebersihan Gigi dan Mulut pada Siswa SMA Negeri 9 Manado.Jurnal e-Gigi (eG).

Herijulianti, E., Indriani, T. S., & Artini, S., 2002, Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarta: EGC

Komala, L., Evi, N., & Priyo, S. (2014). Strategi pemilihan media promosi kesehatan dalam penanggulangan hiv/aids di kabupaten garut. Acta Diurna, 10 (2), 34–43.

Macnab, A.J., 2015, Children’s Oral Health: The Opportunity For ImprovementUsing The WHO Health Promoting School Model, Advances in Public Health.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi penelitian kesehatan.

Papilaya & Huliselan. 2016. Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponogoro Vol.15, No.1: 56-63.

Pertiwi, F, N., Nugrahini, D, Tirahingrum, P, 2013, Efektivitas dengan Media Poster dan Animsasi Bergambar Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa Usia 7-10 Tahun di MI. NU Maudluul Ulum Kota Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.