AGROWISATA DESA LATUKAN PROGRAM EKONOMI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Habib Minhaj Attoriq, Khoirun Nisa, Azizah Ayu Puspitasari, Puji Rahayu

Abstract


Desa Latukan yang terletak di Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, merupakan desa yang memiliki potensi terbaik di antara desa-desa lain di kecamatan karanggeneng lamongan. Dalam proses pembuatan program pembentukan desa agrowisata terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah identifikasi potensi desa, komitmen masyarakat, pembentukan kelembagaan, studi banding, pembuatan aturan desa, dan dampak pariwisata. Tahapan ini harus dilalui agar terbentuknya desa agrowisata berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Dalam proses pembentukan desa agrowisata, tahap pertama adalah meminta dukungan dari semua kalangan, baik dari pemerintah desa, lembaga yang ada maupun masyarakat pada umumnya. Dengan dukungan tersebut, diharapkan dapat menjadi tolak ukur keberhasilan dan sebagai penyemangat bagi pemerintah desa dan masyarakat untuk serius dalam membangun program tersebut. Untuk menjadi desa agrowisata diperlukan proses yang cukup panjang sehingga komitmen dan keikhlasan seluruh elemen masyarakat harus terus dibangun dan dijaga.

Kata Kunci :  Agrowisata, Ekonomi Kreatif, Desa Latukan di Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan.


Full Text:

PDF

References


Aminin, A., Sukaris, S., Rahim, A. R., Fauziyah, N., Novita, D., & Niken, N. (2020). Bank Sampah sebagai Program Ekonomi Kreatif menuju Program LGC Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng. Jurnal DedikasiMU.

Lailiyah, W. N., Fauziyah, N., Rahim, A. R., Sukaris, S., Anwar, K., & Zulfi, R. (2020). Merintis Agrowisata Desa Latukan untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal DedikasiMU.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.