PENYULUHAN FISIOTERAPI TENTANG PENANGANAN MENURUNNYA KESEIMBANGAN AKIBAT DARI FLAT FOOT PADA ANAK-ANAK SDN PLOSOWAHYU LAMONGAN

Yeni Tri Nurhayati, Dewi Nur Kumalasari, Nabila Frizky Zahra, Dwi Wahyu Rahmawati, Ahmad Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


Flat foot adalah bentuk telapak kaki datar disebabkan oleh hilangnya lengkungan longitudinal medial (telapak kaki bagian dalam). Flat foot dapat mengganggu keseimbangan seseorang karena pada kondisi ini terjadi kelemahan pada otot-otot interinsik kaki. Tanda dan gejala yang akan timbul akibat flat foot ialah pola jalan yang abnormal yang menyebabkan mudah lelah dan gangguan pada keseimbangan. Rendahnya kemampuan keseimbangan pada anak dapat mengakibatkan anak rentan jatuh dan mengalami hambatan saat berjalan dan mempengaruhi menurunnya produktivitas anak. Dalam hal ini untuk memberi wawasan yang luas kepada masyarakat khususnya anak-anak SD maka akan diadakan kegiatan penyuluhan fisioterapi mengenai penanganan menurunnya keseimbangan akibat dari flat foot. Kegiatan penyuluhan fisioterapi diadakan di SDN Ploso Wahyu Lamongan sebanyak 20 anak. Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah dan dievaluasi melalui kuisioner pada akhir sesi. Media yang digunakan dalam penyuluhan fisioterapi adalah video dalam durasi pendek dan pemeberian contoh latihan untuk keseimbangan. Setelah dilakukan kegiatan penyuluhan fisioterapi didapatkan hasil peningkatan pengetahuan akan hal penanganan menurunnya keseimbangan akibat flat foot.

Kata Kunci: Flat foot, latihan keseimbangan, keseimbangan


References


Hasmar, W., & Faridah. (2021). PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI MENGGUNAKAN FOOT CORE STRENGTHENINGEXERCISEUNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS FUNGSIONAL PADA KASUS PLANTAR FACITIS. Jurnal Kajian Ilmiah Kesehatan Dan Teknologi .

Herawati, N., & Imron, M. A. (2019). PERBEDAAN PENGARUH PEMBERIAN HEEL RAISES EXERCISE DAN TIGHTROPE WALKER TERHADAP PENINGKATAN KESEIMBANGAN STATIS PADA ANAK FLAT FOOT .

Imam, K., Untung, M., Nyiring, P., & Ramadhan, R. (2021). HUBUNGAN KEJADIAN FLAT FOOT TERHADAP AGILITY PADA ATLET BULUTANGKIS PB METLA RAYA DI SLEMAN, YOGYAKARTA. Seminar Nasional UNRIYO.

Indardi, N. (2015). LATIHAN FLEKSI TELAPAK KAKI TANPA KINESIO TAPING DAN MENGUNAKAN KINESIO TAPING TERHADAP KESEIMBANGAN PADA FLEKSIBEL FLAT FOOT . Journal of Physical Education, Health and Sport.

Maharani, A. A., Wibawa, A., & Adiputra, I. N. (2020). PERBEDAAN KELINCAHAN ANTARA NORMAL FOOT DAN FLAT FOOT PADA ANAK USIA 10-12. MAJALAH ILMIAH FISIOTERAPI INDONESIA.

Pristianto, A., Darojati, H. P., Nurhandrita, Z. P., Lazuardy, A. A., & Rahayu, A. D. (2022). DETEKSI DINI TERKAIT FLAT FOOTDI KB-TK AL-QURAN TERPADU BINTANGKU SURAKARTA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.

Utami, R. F., & Syafri, F. Y. (2021). TOWEL CURL EXERCISE BERPENGARUH TERHADAP PENINGKATAN KESEIMBANGAN STATIS ANAK DENGAN FLAT FOOT . Maternal Child Health Care Journal.

Utomo, P. C., Setyawan, D., & Fathi, M. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIAL ARCH SUPPORT TERHADAP PENURUNAN DERAJAT FLAT FOOT PADA ANAK USIA 8 – 12 TAHUN . JURNAL KETERAPIAN FISIK.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.