Sosialisasi Informasi Dan Komunikasi Jaminan Kesehatan BPJS Dan Posyandu Lansia Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Lansia
Abstrak
Seiring dengan semakin meningkatnya populasi lansia, pemerintah telah merumuskan berbagai kebijakan pelayanan kesehatan usia lanjut ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lansia untuk mencapai masa tua bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya. Sebagai wujud nyata pelayanan sosial dan kesehatan pada kelompok usia lanjut ini, pemerintah telah mencanangkan pelayanan pada lansia melalui beberapa jenjang. Pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat adalah Posyandu lansia, pelayanan kesehatan lansia tingkat dasar adalah Puskesmas, dan pelayanan kesehatan tingkat lanjutan adalah Rumah Sakit. Peningkatan   kualitas   pelayanan   publik pada  Badan  Penyelenggara  Jaminan  Sosial (BPJS) Kesehatan sangatlah penting agar dapat meningkatkan kepuasan terhadap masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang aman,bermutu,   sistem   serta   harga   yang terjangkau. Pelayanan bidang kesehatan belum memenuhi standar pelayanan publik yang baik, akses masyarakat untukmendapatkan manfaat pelayanan sangat terbatas, masyarakat belum bisamendapatkan pelayanan di semua fasilitas kesehatan(Widiastuti, 2018). Setelah diberikan materi penyuluhan / pendidikan kesehatan, pengetahuan peserta tentang pentingnya informasi dan komunikasi jaminan kesehatan bpjs dan posyandu lansia bisa bertambah. Disarankan kepada petugas kesehatan agar meningkatkan kualitas dan kuantitas penyuluhan kesehatan kepada para lansia agar pengetahuan mereka tentang kesehatan menjadi lebih baik, yang selanjutnya akan mengubah sikap dan perilaku kesehatan mereka menjadi lebih baik. Selain itu disarankan agar petugas kesehatan meningkatkan kerjasama lintas program maupun lintas sektoral untuk meningkatkan peran aktif lansia dalam kegiatan posyandu.
Referensi
Maryam, R. Siti, dkk. 2011. Mengenal UsiaLanjut Dan Perawatannya. Jakarta. SalembaMedika
Saputra, M. G., Nurdiana, F., Kes, N. M., & Al Mabruri, M. F. (2020). HUBUNGAN PERAN GANDA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT WANITA DI PELAYANAN RUMAH SAKIT. Journal Of Health Care, 1(2).
Ummah, F., Kusdiyana, A., & Saputra, M. G. (2021). PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN BERBASIS WEBSITE. Jurnal Abdimasmuhla, 2(1).
S. Tamher, noorkasiani.2011. Kesehatan Usia Lanjut Dengan Pedekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
https://docplayer.info/210659891-Sosialisasi-informasi-dan-komunikasi-jaminan-kesehatan-bpjs-dalam-meningkatkan-pelayanan-kesehatan-lansia.html (diakses pada tanggal 15 Maret)