Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Rocket Chicken Cabang Lamongan)

Abdul Majid, Achmad Fazal V, Afifah Eka Oktavianti, Mya Anda Rista, Dini Santika, Fakhriatul Ummah, Lailatul Fitriana, Annisa Durrotul Ummah

Abstract


Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang dewasa ini berkembang pesat dan memiliki potensi berkembang yang cukup besar. Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih menyukai makanan cepat saji dengan rasa yang enak dan harga yang relatif murah namun kualitas tetap terjamin. Kepuasan konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan yang sangat perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Rocket Chicken cabang Lamongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis survey research dengan teknik analisis data menggunaka teknik regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Rocket Chicken cabang Lamongan dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk, dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sebaiknyapihak rocket chicken memperhatikan kualitas pelayanan agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Ariyanto, Tri Efendi. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Rocket Chicken 3 Kabupaten Kudus. Skripsi S1. Fakultas Ekonomi. IAIN KUDUS.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Buchari, Alma, 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Bustami, Egi Fauzi Suhaerul. 2019. Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Rocket Chicken Cabang Jombang Satu).Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi. Vol.1 No(3). Halaman: 278 – 290.

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media

Dewi, Amelia Chynthia. 2013. Studi Deskriptif Mengenai Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Travel “X†Bandung. Skripsi. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha.

Dialiwi, Irene. 2017. Analisis Pengaruh Produk, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen di CIAO GELATO Gejayan Yogyakarta). Skripsi S1. Fakultas Bisnis. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Elmiliasari, Dhea Febriana. 2020. Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Fried Chicken di Rocket Chicken Bandar Kota Kediri . Jurnal At-Tamwil. Vol.1 No(3).

Febrianti, Devi, Ratna Utami dan Sri Nastiti A. 2013. Analisi Pengaruh Faktor Penentu Kebijakan Struktur Modal Terhadap Leverage: Pendekatan Pecking Order Theory. Jurnal Fakultas Ekonomi.

Gendro,Wiyono. 2011. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: Percetakan STIM YKPM.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, Sri. (2012). Aspek Hukum Perlindungan Konsumen dalam Pelayanan Air Bersih pada PDAM Tirtasari Binjai. Jurnal Non Eksakta (Volume 4 Nomor 1). Hlm. 2.

Heizer, Jay & Barry Render (2011). Manajemen Operasi.Edisi Sembilan. Buku Dua. Diterjemahkan oleh Chriswan Sungkono. Jakarta: Salemba Empat.

Hidayat, Ulil Amri. 2016. Analisis Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Cepat Saji. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.Vol. 5 No(12).

Rocket Chicken, 2019.

https://rocketchicken.co.id/about.

Rocket Chicken, 2019.

https://rocketchicken.co.id/info/beberapa-langkah-dalam-menghadapi-keluhan-dan-kritik-dari-pelanggan.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang dan 2009, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Istianto, J.Hendra dan Tyra, M.Josephine. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah makan KETTY RESTO. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius). Volume 1, Nomor 3, September 2011.

Khaq, Ahmad Ulil. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen padaRocket Chicken Cabang Kudus 1 Di Desa Mlati Lor Kota Kudus. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi. IAIN KUDUS.

Kotler dan Amstrong. 2017. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012), Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12 penerbit Erlangga.

Kotler Dan Keller, (2015), Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga

Lamb, et. al. 2010. Pemasaran. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Lestari, Dwi. 2020. Analisis Pengaruh Labelisah Halal, Brand Image, Kualitas Pelayanan, dan Harga Produk Terhadap Keputusan Membeli Makanan Cepat Saji Rocket Chicken di Kota Salatiga. Skripsi S1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Lupiyoadi dan Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat. Page 3. 105.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran jasa, Edisi III. Jakarta: Salemba Empat.

Malhotra, Naresh (2010).Riset Pemasaran Pendekatan Terapan, Edisi keempat, Jilid 2. Jakarta : PT Indeks

Mustofa, Bisri. 2009, Pedoman Menulis Proposal Skripsi dan Tesis, Yogyakarta : Panji Pustaka.

Nurwahyuni, Ema. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Rocket Chicken Binuang Kabupaten Tapin. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Brawijaya.

Poerwopoespito, O. dan Utomo, T. 2010. Menggugah Mentalitas Profesional & Pengusaha Indonesia. Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta. Hal: 52-54.

Pusparani, Putu Ayu Yulia dan Ni Made Rastini., 2014. Pengaruh Kualitas Produk

Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pelanggan Kamera Canon Digital Single Lens Reflex (Dslr) Di Kota Denpasar, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 3, No. 3:1311-1319.

Puspita, Cindy Mega dan Agung Budiatmo. 2020. Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang).Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. vol. 9. no(3). Halaman: 268-275.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CVAlfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). In Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D (p.394). Bandung : Alfabeta.

Sumarni dan Wahyuni, (2006), Metodologi Penelitian dan Bisnis, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran dan Wahyu, K. dan Aji, H.S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan bukti fisik Terhadap Kepuasan Konsumen.

Suwarman, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia. Bogor.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi ketujuh. Yogyakarta : Andi.

Wahyono, T. 2010. Membuat Sendiri Aplikasi dengan Memanfaatkan Barcode. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Widaningrum, D,. 2010. Analisis Tingkat Kepentingan Atribut Kemasan Produuk Makanan Take Out dengan Menggunakan Analisis Multivariate. Jurnal Teknik Industri Indonesia 8(1): 10-18.

Yamin Sofyan, Kurniawan Heri. 2009. SPSS COMPLETE: Tekhnik Analisis Statistik Terlengkap dengan software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek

Yesenia dan Siregar. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan dan Produk Terhadap Kepuasan serta Loyalitas Pelanggan Kentucky Fried Chicken di Tangerang Selatan, Jurnal Manajemen dan Organisasi. Vol.5(3). Halaman: 184-199.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal Economics, Management, and Business Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020. Journal Economics, Management, and Business Research