FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN J&T EXPRESS DI LAMONGAN

Farokhah Muzayinatun Niswah, Sofi Machmudatul Rochmah, Indah Khofifah, Muhammad Ilyas Hanafi, Prita Anggrelia Sugesti, Putra Choliqul Ihsan, Alvin Samariantha Lazim

Abstract


Dunia bisnis saat ini semakin meningkat terutama pada bisnis online.  Sehingga keberadaan jasa pengiriman atau kurir sangat dibutuhkan. Salah satu jasa pengirim terkenal di masyarakat Indonesia adalah J&T Express. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan tarif pengiriman terhadap  kepuasan  pelanggan  J&T  Express  di Lamongan. Penelitian merupakan   penelitian   kuantitatif dengan pengambilan   sampel   menggunakan   metode   purposive sampling.  Jumlah data diperoleh sebanyak 100 yang dikumpulkan melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel kualitas pelayanan dan tarif pengiriman berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variabel fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan, variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan tarif pengiriman secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman., Hafizha, S., Nuryani, H. S. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1). https://www.researchgate.net/publication/339618504 , 4 Juli 2021.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi Kelima. Cetakan Keenam. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I . 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Edisi Keenam. Cetakan Keenam. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I . 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, P. & Amstrong. 2012. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.Surabaya: Unitomo Press. Kotler, P. & Keller, L. K. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga. Majid dan Dwiyanto. 2017. Analisis Pengaruh Long-Term Relationship, Information Sharing, Trust, dan Process Integration, Terhadap Kinerja Supply Chain Management. Diponegoro Journal Of Management. 6(4), 1-12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/download/17941/17014, 4 Juli 2021.

Noeraini, Irma Ayu. & Sugiyono. 2016. Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5(5), 2461-0593. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/687, 4 Juli 2021.

Priyatno, D. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offiset.

PT. Global Jet Express. 2021. Riwayat Perusahaan. jet.co.id/about/company, 14 Juli 2021. Rohman, S. & Abdul, F. W. 2021.

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Ninja Express Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Logistik Indonesia, 5(1), 73-85. https://www.researchgate.net/publication/349891496, 4 Juli 2021.

Sakti, B. J. & Mahfudz. 2018. Anilisis Pengaruh Kualitas Layanan, Ketepatan Waktu Pengiriman, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management. 7(4), 1-8. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/download/22343/20493. 4 Juli 2021

Sanusi, Anwar. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sarwono, J & Suhayati, E. 2010. Riset Akuntansi Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business. Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kelima Belas. Bandung: Alfabeta.

------------. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan : Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit dan Percetakan CV Andi Offset.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan Penelitian. Edisi Pertama. Yogyakarta: CV. Andi Offise.

Tjiptono, F., Chandra, G. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: CV. Andi Offise.

Top Brand Award. 2021. TOP BRAND INDEX. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/, 4 Juli 2021

Zakaria, M. H. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Wilayah Semarang. http://eprints.dinus.ac.id/17137/1/jurnal_15506.pdf, 4 Juli 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal Economics, Management, and Business Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020. Journal Economics, Management, and Business Research