Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Online Shop: Studi Pada Customer Lamongan

Aksan Iqmal Khaqiqi, Lumatul Nuril Hidayah, Amna Rosiatul Lathifah, Dila Septiara, Wahyu Fitroh Alam, Salman Al-Faruq, Tika Puja Kurnia, Faricha Maf'ula

Abstract


Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli melakukan transaksi. Pasar terbagi atas tradisional dan modern. Pasar online menjadi bagian dari pasar modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pakaian di pasar online atau online shop. Tiga variabel tersebut yang menjadi faktor utama dalam keputusan pembelian. Online shop dipilih karena selama ini memiliki transaksi yang relatif cukup baik disertai jumlah pedagang dan pembeli yang cukup banyak. Objek penelitian dipilih karena online shop dapat mengurangi tingkat pengangguran, sehingga banyak membuka peluang usaha kerja dan tentunya mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat umum. Hal ini disebabkan faktor kepraktisan dan tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai usaha. Jenis penelitian asosiatif dengan jenis data penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode pengambilan sampel yang diambil menggunakan probability sampling. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan alat bantu kuisioner yang ditanyakan secara online melalui link yang disediakan peneliti. Responden atau sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Beberapa penelitian terdahulu lebih spesifik pada suatu tempat tertentu sedangkan penelitian ini membahas secara luas dan terkhusus pada pakaian. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden merasakan bahwa harga dan kualitas produk serta kualitas pelayanan pedagang kepada pembeli sangat berpengaruh terhadap penjualan pakaian. Hal ini ditunjukkan oleh jawaban responden yang sebagian besar menyatakan lebih memilih pedagang online yang berkualitas namun murah yang disertai pelayanan yang nyaman. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, harga,dan kualitas barang membawa pengaruh yang pada keputusan pembelian pakaian di online shop.

Kata kunci: Promosi,Harga, Kualitas produk, Keputusan pembelian


Full Text:

PDF PDF

References


Jurnal

Aristo.S.F.(2016).Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips. Jurnal Performa 1(4). https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/220, 26 April 2021

Cristian Hari Nugroho, S. S. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan SFA Steak & Resto di Klodran Karanganyar. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 16(3), 364-371. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/1355, 27 April 2021

Fuad Muhajirin Farid, S. M. (2019). Pengaruh Jenis Produk Pakaian dan Penetapan Harga Terhadap Permintaan Konsumen di Kota Palangka Raya( Studi Kasus di Toko Yulia). Jurnal Al Qardh, 4, 15-24. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/qardh/article/view/1365, 26 April 2021

Hj. Nursimah Dara, N. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Penetapan Harga Pakaian Batik Terhadap Minat Beli Pelanggan Pasar Tanah Abang. Dynamic Management Journal 2 (1), 22-34. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/dmj/article/view/584, 26 April 2021.

Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet pada Toko Online. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143-152. https://doi.org/10.12777/jati.8.3.143-152, 27 April 2021

Rudi Yanto Batara Silalahi, L. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Tempat, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Pasar Seken Aviari. Jurnal Elektronik Rekaman, 2 (1), 83-94. https://www.academia.edu/36686524/pengaruh_kualitas_produk_tempat_dan_harga_terhadap_keputusan_pembelian_pakaian_bekas_di_pasar_seken_aviari, 26 April 2021.

Sulistiyanto, D. H. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Kestrategisan Lokasi Terhadap Kemantapan Keputusan Pembelian (Studi Pada Toko Pakaian Citra Busana di Kalinyamat Jepara). 1-56. http://eprints.undip.ac.id/43017/, 26 April 2021.

Santia, Tiara. (2020). “Riset: Penjualan E-Commerce Selama Pandemi Didominasi Produk Fesyenâ€. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4359005/riset-penjualan-e-commerce-selama-pandemi-didominasi-produk-fesyen, 6 Juli 2021

Yoebrilianti, A. (2018). Pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli produk fashion dengan gaya hidup sebagai variabel moderator (survei konsumen pada jejaring sosial ). Jurnal Menejemen, 8 (1), 20-41. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/JM/article/view/660, 6 juli 2021

Buku

Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/211866/dasar-dasar-manajemen-pemasaran-konsep-strategi-dan-kasus, 27 April 2021

Oentoro , Deliyanti. (2012), Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laks Bang PRESSindo.

Febriani, Nufian dan Wayan Weda Asmara Dewi. (2019). Perilaku Konsumen di Era Digital: Beserta Studi Kasus. (n.p.): Universitas Brawijaya Press.

Fornell, C. (2005). Pengukuran Pengaruh Kepuasan Konsumen, Alih Bahasa Fandy Tjiptono. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi : Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta :PT Indeks Kelompok Gramedia

--------------------------------------------. (2012). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition, Pearson Education

--------------------------------------------. (2014). Principles of Marketing. 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob SabranJakarta :Erlangga.

Lupiyoadi. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie L. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal Economics, Management, and Business Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020. Journal Economics, Management, and Business Research