Pengaruh Kepemimpinan Manajer Terhadap Kompetensi Karyawan
Abstract
Efektivitas organisasi rumah sakit, dibutuhkan agar pelayanan kesehatan menjadi akurat, reliabel, efektif, dan efisien, baik pelayanan medis, administrasi pelayanan, maupun pelayanan lainnya yang menjadi wewenangnya. Peningkatan kompetensi pegawai perlu untuk dilakukan oleh manajemen RS X, karena kinerja pelayanan masih belum maksimal. Kepemimpinan manajer yang baik, menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam peningkatan kompetensi pegawai.
Penelitian menggunakan metode campuran (mixed method), dengan pendekatan the explanatory sequential mixed methods. Subyek penelitian adalah karyawan RS X. Sampel sejumlah 100 responden diambil dengan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis kuantitatif dilakukan dengan regresi sederhana. Pada pendekatan kualitatif dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian diperoleh: 1) kepemimpinan manajer, termasuk dalam kategori baik: 2) kompetensi karyawan, termasuk dalam kategori baik; 3) ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan manajer terhadap kompetensi karyawan, dengan pengaruh sebesar 6,0%; 4) Cara kepemimpinan manajer dalam meningkatkan kompetensi karyawan adalah: a) pada menantang proses (challenge the process) dilakukan dengan menantang anak buah melakukan pekerjaan dengan caranya sendiri dan berani melakukan sesuatu walaupun ada risiko gagal, agar karyawan berani bertindak dan berinovasi dalam melakukan pekerjaannya, agar pekerjaan dapat dilakukan secara lebih cepat dan efektif; b) pada memungkinkan orang lain untuk bekerja (enable others to act), dilakukan dengan memberikan kesempatan dan tanggung jawab untuk terlibat dalam pengambilan keputusan sehingga kemampuannya dalam menganalisis dan membuat solusi permasalahan untuk merencanakan tindakan atau program kerja meningkat. Selain itu, dengan memberikan keleluasaan membuat keputusan sendiri dan mendorong kerja sama yang baik rekan kerja, sehingga terjadi transfer pengetahuan yang akan meningkatkan kompetensi karyawan; c) Pada dalam menjadi model dalam cara kerja (model the way), dilakukan dengan memberikan contoh dalam cara kerja, yang dapat diterapkan karyawan agar kompetensinya meningkat.
References
Armstrong, M. (2009). Armstrong’s Handbook of Management and Leadership: A Guide to Managing for Results. London: Kogan Page Limited.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Berger, L. A., & Berger, D. R. (2004). The Talent Management Handbook: Creating Organizational Excellence by Identifying, Developing, and Promoting Your Best People. New York: The McGraw-HIll Companies, Inc.
Bertocci, D. I. (2009). Leadership in Organizations: There is a Difference between Leaders and Managers. New York: University Press of America, Inc.
Cieślińska, K. (2007). The Basic Roles of Manager in Business Organization. dalam http://www.jard.edu.pl/pub/1_6_2007.pdf. diunduh 25 September 2016.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research : Planning, Conducting, AndEvaluating Quantitative AndQualitative Research. Boston: Pearson Education, Inc.
. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: Sage Publications, Inc.
Darmayanti, N. Y. T., & Oktamianti, P. (2014). Analisis Kompetensi Perawat Ruang Intensif (Intensive Care Unit) Rumah Sakit Umum Tabanan Tahun 2013. Jurnal Sumber Daya Manusia Kesehatan, Vol.1 No. 1, 2014, hlm.77-104.
Fauzi, S., Anggraeni, S. K., & Ummi, N. (2013). Pengukuran Kinerja Manajemen Keperawatan dengan Parameter Kompetensi Manajemen. Jurnal Teknik Industri, Vol. 1, No. 3, September 2013, hlm. 227-232.
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Erlangga.
Johnson, B & Christensen, L. (2012). Educational Research Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. Osaka: Sage Publication, Inc.
Mangkunegara, A. P. (2001). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : PT. Refika Aditama.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Remaja Rosda Karya.
Kes, N. M., Saputra, M. G., & Nurdiana, F. (2020). PENGARUH PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT X. Journal Of Health Care, 1(1).
Mulyadi, B., Suseno, U., Syahboedin, S., Suyono, H., Toruan, P., Arbain, E., Widyaswati, E. (2001).
Petunjuk Pelaksanaan Indikator Mutu Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Dirjen Pelayanan Medik, Depkes RI.
Rivai, V., & Mulyadi, D. (2009). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Sanghi, S. (2007). The Handbook of Competency Mapping: Understanding, Designing and Implementing Competency Models in Organizations. California: Sage Publications Inc.
Satori, D., dan Komariah, A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sedarmayanti. (2001). Tata Kerja dan Produktivitas Kerja Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi Atau Kaitan Antara Manusia dengan Lingkungan Kerja. Bandung : Mandar Maju.
Sekaran, Umma. (2003). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. NewYork : John Wiley & Sons.
Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta : PT. Refika Aditama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Journal of Health Care is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020. Journal of Health Care