PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PASIEN

Penulis

  • Faizatul Ummah
  • Nuriyati M.Kes
  • Nahardian Vica R
  • Fara Nurdiana

Abstrak

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pasien. Adapun masalah yang diteliti adalah: pengaruh kualitas pelayanan dan harga layanan secara serentak terhadap kepuasan pasien rawat inap, pengaruh dimensi kualitas pelayanan secara individual terhadap kepuasan pasien rawat inap dan pengaruh harga layanan secara individual terhadap kepuasan pasien rawat inap.

Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan rancangan cross sectional yaitu penelitian yang dilakukan dengan data yang hanya sekali dikumpulkan. Dalam mengumpulkan data digunakan teknik kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan terhadap 160 pasien. Penentuan responden dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu dibatasi pada pasien rawat inap yang telah menginap minimal 1 hari.

Dari penelitian yang dilakukan diketahui ada pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara serentak terhadap kepuasan pasien rawat inap. Hal ini diketahui dari hasil uji F yang mendapatkan hasil signifikan untuk semua kelas pada µ (0,05). Hal ini berarti bahwa hipotesis 1 terbukti (Ada pengaruh kualitas pelayanan dan biaya secara serentak terhadap kepuasan pasien rawat inap). Ada pengaruh dimensi kualitas pelayanan secara individual terhadap kepuasan pasien rawat inap. Hal ini diketahui dari hasil uji F yang mendapatkan hasil signifikan untuk semua kelas pada µ (0,05). Hal ini berarti hipotesis 2 terbukti (Ada pengaruh dimensi kualitas pelayanan secara individual terhadap kepuasan pasien rawat inap). Dalam hal ini dimensi yang mempunyai pengaruh signifikan pada kelas VIP adalah dimensi tangibles, reliability dan empathy (yang paling dominan empathy). Dimensi yang mempunyai pengaruh signifikan adalah dimensi responsiveness dan empathy (yang paling dominan empathy). Dimensi yang mempunyai pengaruh signifikan adalah semua dimensi (yang paling dominan reliability). Dimensi yang mempunyai pengaruh signifikan adalah dimensi assurance (yang paling dominan assurance). Ada pengaruh harga layanan secara individual terhadap kepuasan pasien rawat inap. Hal ini diketahui dari uji t pada µ (0,05).

 

Kata   Kunci:   Kualitas      Pelayanan, Harga, Kepuasan Pasien

Referensi

Tjiptono, F 2002, Manajemen jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Aditama, TY 2002, Manajemen administrasi rumah sakit, edisi ke-2, UI-Press, Jakarta.

Assauri, S 2003, Manajemen pemasaran modern, Sumur, Bandung.

Hansen, DR & Mowen, MM 2005, Manajement accounting (akuntansi manajemen), Salemba Empat, Jakarta.

Irmawati & Kurniasari, R 2010, ‘Pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap keputusan pasien berobat rawat inap di RSUD Moewardi Jebres’ BENEFIT, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume 15, Nomor 1, Juni 2010, hh. 1-16.

Bei, LT & Chiao, YC 2006, ‘The determinants of customers loyalty: an anaylsis of intangible factors in three service industries’, IJCM, Vol. 16 (3 & 4), hh. 162-177.

Lubis, AN & Martin 2009, ‘Pengaruh harga (price) dan kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Deli Medan’, Jurnal Manajemen Bisnis, Volume 2, Nomor 1, Januari 2009, hh. 21-24.

Sekaran, U 2000, Research method for bussiness: a skill building approach, John Willey & Sons, Inc., United States America.

Parasuraman, A, Zeithaml, VA. & Berry, LL 1988, ‘A multiple-item scale for measuring measure customer perception of service qualityâ€, Journal of Retailing, Vol. 64, No. 1.

Azwar, S 2009, Dasar-dasar psikometri, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Diterbitkan

2021-07-03

Cara Mengutip

Ummah, F., M.Kes, N., Vica R, N., & Nurdiana, F. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PASIEN. Journal Of Health Care, 2(1). Diambil dari https://jurnal.umla.ac.id/index.php/JOHC/article/view/239

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>