Sekolah Wirausaha Keterampilan Penjualan Digital dan Pemberdayaan Ekonomi Perempuanpada UMKM Planet Green Lamongan

Penulis

  • Muhamad Ganda Saputra Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia
  • nuryati nuryati Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia
  • Nihayatul Munaa Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia

Abstrak

Peran wanita dalam keluarga tentu sangat penting, selain sebagai istri dan ibu, juga tak sedikit yang berperan dalam membantu perekonomian keluarga. Adanya wanita karir dalam keluarga tentunya dapat membantu keuangan keluarga, terutama pada masa pandemi Covid-19 yang mayoritas keluarga mengalami penurunan finansial. Karir pilihan banyak perempuan, terutama seorang ibu adalah sebagai wirausaha. Banyak perempuan yang menjalankan usaha dari rumah, dari usaha sederhana di depan rumah sampai usaha dalam skala nasional. Era 4.0 yang menuntut semua go digital mendorong sektor usaha untuk tumbuh dan berkembang. Melalui digitalisasi, berbagai jenis usaha akan mampu menjangkau konsumen lebih besar dibandingkan dengan dilakukan secara offline. Namun, ternyata keterampilan dalam menggunakan media online tidak dimiliki oleh semua wirausaha, terutama wirausaha perempuan (womenpreneur). Terdapat kesenjangan digital antara perempuan dan laki-laki di Indonesia.

Perlu adanya peningkatan keterampilan digital bagi para womenpreneur. Salah satu organisasi perempuan Muslim terbesar di Indonesia adalah UMKM Planet Green, yang memiliki kontribusi besar dalam pemberdayaan perempuan Muslim di Indonesia. Melalui Sekolah Wirausaha UMKM Planet Green, para womenpreneur akan mendapatkan pelatihan wirausaha dari para pakar untuk meningkatkan keterampilan digital, digital marketing, pencatatan keuangan, dan strategi meningkatkan usaha. Mitra sasaran dalam program ini adalah womenpreneur yang tergabung dalam anggota UMKM Planet Green. Para anggota dilatih sehingga bisa menguasai teknik pemasaran secara online dan menguasai platformplatform yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jaringan usaha yang mereka miliki. Hasil posttest menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan berwirausaha pada para peserta pelatihan.

Kata Kunci: Sekolah Wirausaha, Penjualan Digital, UMKM

Referensi

Hasibuan, L. (2022). UMKM RI dikelola perempuan tapi ini masalahnya. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/

Beelwal, S. (2022). Characteristics, Motivations, And Challenges Of Women Entrepreneurs In Oman’s Al-Dhahira Region. https://www.researchgate.net/

. Agussani. (2020). Are Women The Dominant Entrepreneurs In Indonesia? The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 5936-5947.

. Sihotang, J., Puspokusumo, R. W., Sun, Y., & Munandar, D. (2020). Core competencies of women entrepreneur in building superior online business performance in Indonesia. Management Science Letters, 1607–1612

. Paoloni, P., Secundo, G., Ndou, V., & Modaffari, G. (2018). Women Entrepreneurship and Digital Technologies: Towards a Research Agenda. 4th IPAZIA Workshop on Gender Issues (pp. 181- 194). Italy: Springer .

. Oggero, N., Rossi, M. C., & Ughetto, E. (2019). Entrepreneurial Spirits in Women and Men. The Role of Financial Literacy and Digital Skills. . Working Paper 197/19 Center for Research on Pensions and Welfare Policies, 1-34.

. Isyfi’afiani. (2018). Advancing Women’s Digital Skills and Economic Empowerment through Girls in Tech Indonesia: A Case Study. Salasika Indonesian Journal of Gender, Women, Child, and Social Inclusion's Studies, 21-32.

. Kominfo. (2020, November). Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika. Retrieved from https://aptika.kominfo.go.id/wp-content/uploads/2020/11/Survei-Literasi-

Digital- Indonesia2020.pdf

.Katadata. (2022, Februari 15). Databoks. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce- indonesiatertinggi- di-dunia

. Dewi, A. S. (2020). Investigating the Impact of Instagram on Women Entrepreneurs’ Empowerment. Annual International Conference on Social Sciences and Humanities (AICOSH 2020) (pp. 56-61). Atlantis Press.

Diterbitkan

2023-11-06

Cara Mengutip

Saputra, M. G., nuryati, nuryati, & Munaa, N. (2023). Sekolah Wirausaha Keterampilan Penjualan Digital dan Pemberdayaan Ekonomi Perempuanpada UMKM Planet Green Lamongan. Journal Of Health Care, 4(2). Diambil dari https://jurnal.umla.ac.id/index.php/JOHC/article/view/824

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>