GAMBARAN PENGETAHUAN KADER DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN BINA KELUARGA BALITA DI KECAMATAN SEKARAN KABUPATEN LAMONGAN

Sinta Kurniasari

Abstract


Peran seorang kader merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan BKB (Bina Keluarga Balita). Para kader BKB dituntut untuk menguasai materi agar pelaksanaan BKB efektif dan tidak terkendala. Oleh karena itu, tingkat pengetahuan kader dapat mempengaruhi proses berjalannya kegiatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran pengetahuan kader dalam pelaksanaan kegiatan BKB di Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan.

Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan bulan Oktober 2020 di Kecamatan Sekaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dari populasi sebanyak 109 orang diperoleh jumlah sampel sebanyak 52 kader BKB melalui tehnik simple random sampling. Pengumpulan data dengan teknik wawancara menggunakan kuisioner. Tehnik pengolahan data dengan scoring untuk tiap pertanyaan dan Tabulasi ke dalam tabel distribusi frekuensi serta tabulasi silang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kader BKB di Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan sebagian besar berusia > 40 tahun, dengan  tingkat pendidikan sebagian besar pada tingkat SMA, pekerjaan paling banyak adalah ibu rumah tangga, pengalaman menjadi kader sebagian besar dalam waktu  >2 tahun, dan keikutsertaan pelatihan paling banyak adalah kader BKB yang tidak pernah ikut pelatihan. Pengetahuan kader tentang pelaksanaan kegiatan BKB di Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan dalam kategori Baik 28,8 %, Cukup 36,5 %, Kurang 34,6%.

Kesimpulan dari penelitin ini adalah tingkat pengetahuan kader tentang pelaksanaan kegiatan BKB sebagian besar dalam kategori Cukup dan Kurang. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan tentang pengelolaan BKB bagi kader.

 

Kata kunci : pengetahuan; kader; bina keluarga balita; BKB


Full Text:

PDF

References


Agustinawati, Linda, Besar Tirto Husodo, Syamsulhuda. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Partisipasi Kader Dalam Penyelenggaraan Kelas Ibu Hamil di Kelurahan Ngesrep Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5 (5), 2356-3346.

Ariesta, Nana Pramudya. 2011. Peran Kader Bina Keluarga Balita Dalam Upaya Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Melalui Layanan Bina Keluarga Balita. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

BKKBN. 2008. Buku Pegangan Petugas Lapangan KB Tentang Pengelolaan BKB. Surabaya : BKKBN.

BKKBN. 2009. Pengasuhan dan Pembinaan Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : BKKBN

BKKBN. 2014. Buku Pedoman KKA (Kartu Kembang Anak). Jakarta : BKKBN.

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lamongan. 2019. Buku Panduan Penyuluhan BKB Holistik Integratif Bagi Kader. Lamongan: BKKBN.

DJ, Ramlawati. 2013. Pelaksanaan Program Bina Keluarga Balita (BKB) Di Kelurahan Balandai Kecamatan Bara Kota Palopo. Skripsi. Makassar : Universitas Hasanuddin.

Fauziah, Resti, Nandang Mulyana, Santoso Tri Raharjo. 2016. Efektifitas Program Bina Keluarga Balita. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Padjadjaran.

Islamiyah, Faizah Binti Awad, La Ode Anhusadar. 2017. Outcome Program Bina Keluarga Balita (BKB): Konseling Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Islam, Vol.6, No.1.

Ismawati, C. 2010. Posyandu dan Desa Siaga. Yogyakarta: Nuhamedika.

Jimas, Maria Anggriyani. 2015. Gambaran Pengetahuan Kader Dalam Kegiatan Posyandu di Puskesmas Penfui Kelurahan Penfui Kecamatan Maulafa Kota Kupang. Program Studi D-3 Kebidanan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Patria Husada Blitar.

Laporan Perkembangan Kelompok Kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Bulan Juli Tahun 2020.

Nafisah, Lu’lu, Colti Sistiarani, Siti Masfiah. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Partisipasi Kader Dalam Kelas Ibu Hamil di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Jurnal Kesmas Indonesia, 8 (2), 1-14.

Nathalia, Desiyani. 2016. Analisa Tingkat Keberhasilan Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Keluarga Berencana. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5 (3), 2442-6962.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta Pusat : PT Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Nurayu, Aldisa Wida. 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan, Pendidikan, Usia Dan Lama Menjadi Kader Posyandu Dengan Kualitas Laporan Bulanan Data Kegiatan Posyandu. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta; Salemba Medika.

Pakasi, Ainy M, Berthina H. Korah, Henry S. Imbar. 2016. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Kader Kesehatan Dengan Pelayanan Posyandu. Jurnal Ilmiah Bidan, 4 (1), 2339-1731.

Setianingrum, Siska, Liliek Desmawati, Amin Yusuf. 2017. Peranan Kader Bina Keluarga Balita dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Fisik Motorik Anak Usia Dini. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2) : 137-145.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta Pusat : PT Rineka Cipta.

Suryani, Eva Dwi. 2013. Pengaruh Pelatihan Kader Terhadap Kemampuan Melakukan Pengelolaan Posyandu di Desa Srihardono Pundong Bantul Yogyakarta. Program Studi Ilmu Keperawatan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta.

Wijayanti, Urip Tri. 2018. Kendala-Kendala BKB (Bina Keluarga Balita) Holistik Integratif di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Komunikasi, 10(1), 65 – 76.




DOI: https://doi.org/10.38040/js.v13i1.178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Surya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Faculty of Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Journal Surya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Journal Surya p-ISSN 1979-9128 ISSN Online 2715-064X

Indexing and Database