Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Video untuk Meningkatkan Pengetahuan Caregiver dalam Merawat Klien Halusinasi

Authors

  • Bambang Eryanto Keperawatan STIKes Indramayu Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38040/js.v11i02.33

Abstract

Background: Upaya untuk meningkatkan pengetahuan caregiver tentang halusinasi adalah dengan pemberian pendidikan kesehatan jiwa pada caregiver. Peningkatan pengetahuan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai metode, diantaranya dengan menonton video.

Objectives: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian pendidikan kesehatan jiwa dengan metode menonton video dalam meningkatkan pengetahuan caregiver tentang halusinasi

Design: Penelitian ini menggunakan eksperimental semu dengan rancangan pre test dan post test group design, dengan sampel 30 responden. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling,  skor pengetahuan caregiver di ukur dengan kuesioner pengetahuan tentang halusinasi yang dikembangkan sendiri dengan uji validitas (0,707) dan uji reliabilitas (0,968). Data yang diperoleh di uji dengan menggunakan uji Wilcoxon test.

Results: Hasil rata-rata pengetahuan pre test caregiver adalah 7,57 naik menjadi 11,80 setelah dilakukan post test. Hasil analisis menggunakan uji wilcoxon didapatkan nilai p-value 0,000 < 0,05, artinya ada perbedaan signifikan antara pengetahuan pre test caregiver dengan pengetahuan post test caregiver.

Conclusions: Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian pendidikan kesehatan menggunakan metode video efektif dalam meningkatkan pengetahuan caregiver, sehingga video ini bisa digunakan untuk pendidikan kesehatan jiwa.

Downloads

Published

2019-11-13

How to Cite

Eryanto, B. (2019). Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Video untuk Meningkatkan Pengetahuan Caregiver dalam Merawat Klien Halusinasi. SURYA: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Kesehatan, 11(02), 10–16. https://doi.org/10.38040/js.v11i02.33

Issue

Section

Articles

Citation Check