Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Video untuk Meningkatkan Pengetahuan Caregiver dalam Merawat Klien Halusinasi
DOI:
https://doi.org/10.38040/js.v11i02.33Abstract
Background: Upaya untuk meningkatkan pengetahuan caregiver tentang halusinasi adalah dengan pemberian pendidikan kesehatan jiwa pada caregiver. Peningkatan pengetahuan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai metode, diantaranya dengan menonton video.
Objectives: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian pendidikan kesehatan jiwa dengan metode menonton video dalam meningkatkan pengetahuan caregiver tentang halusinasi
Design: Penelitian ini menggunakan eksperimental semu dengan rancangan pre test dan post test group design, dengan sampel 30 responden. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, skor pengetahuan caregiver di ukur dengan kuesioner pengetahuan tentang halusinasi yang dikembangkan sendiri dengan uji validitas (0,707) dan uji reliabilitas (0,968). Data yang diperoleh di uji dengan menggunakan uji Wilcoxon test.
Results: Hasil rata-rata pengetahuan pre test caregiver adalah 7,57 naik menjadi 11,80 setelah dilakukan post test. Hasil analisis menggunakan uji wilcoxon didapatkan nilai p-value 0,000 < 0,05, artinya ada perbedaan signifikan antara pengetahuan pre test caregiver dengan pengetahuan post test caregiver.
Conclusions: Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian pendidikan kesehatan menggunakan metode video efektif dalam meningkatkan pengetahuan caregiver, sehingga video ini bisa digunakan untuk pendidikan kesehatan jiwa.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
- The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
- The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution (CC BY).