Pengaruh Senam Latih Otak (Brain Gym) terhadap Motivasi Belajar Siswi Kelas XI MA Ruhul Amin Yayasan SPMAA Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan

Authors

  • Moh. Saifudin Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38040/js.v11i02.38

Abstract

Background: Motivasi belajar peserta didik yang kurang akan sangat menganggu proses belajar. Berdasarkan survei awal didapatkan 6 dari 10 anak memiliki motivasi sedang, sedangkan 4 lainnya memiliki motivasi rendah.

Objectives: penelitian ini bertujuan  mengetahui pengaruh senam latih otak (brain gym) terhadap motivasi belajar siswi kelas XI MA Ruhul Amin Yayasan SPMAA Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan.

Design: Desain yang digunakan adalah pra-eksperimental design dengan menggunakan one group pretest posttest design. Variabel independen yaitu brain gym dan variabel dependen motivasi belajar menggunakan observasi kuisioner motivasi belajar. Populasi siswi kelas XI MA Ruhul Amin sebanyak 24 siswi sample menggunakan total sampling sehingga 24 siswi menjadi responden. Uji yang digunakan uji wilcoxon dengan tingkat kemaknaan 0,05.

Results: Hasil penelitian sebelum diberikan brain gym sebagian besar memiliki motivasi tinggi (79,2%), setelah diberikan brain gym hampir seluruhnya siswi memiliki tingkat motivasi tinggi (87,5%). Hasil uji wilcoxon diperoleh nilai Z = -4,259 dan p= 0,000 maka H1 diterima yang artinya ada pengaruh senam latih otak (brain gym) terhadap motivasi belajar siswi kelas XI MA Ruhul Amin Yayasan SPMAA Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan.

Conclusions: Melihat hasil penelitian ini bahwa setelah diberikan brain gym maka tingkat motivasi belajar akan meningkat, sehingga di perlukan bagi para akademis dan praktisi untuk memanfaatkan brain gym sebagai cara meningkatkan motivasi belajar.

Downloads

Published

2019-11-13

How to Cite

Saifudin, M. (2019). Pengaruh Senam Latih Otak (Brain Gym) terhadap Motivasi Belajar Siswi Kelas XI MA Ruhul Amin Yayasan SPMAA Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. SURYA: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Kesehatan, 11(02), 46–53. https://doi.org/10.38040/js.v11i02.38

Issue

Section

Articles

Citation Check