ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN HYPERTERMI PADA DEMAN THYPOID

Ana Farida, Kurniawati Kurniawati, Zuli Ani, Alda Fatehah

Abstract


       Demam typhoid merupakan penyakit infeksi akut yang menyerang saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi sehingga menyebabkan peningkatan suhu tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi literature asuhan keperawatan anak demam typhoid.

       Desain penelitian menggunakan studi literature dengan studi kasus asuhan keperawatan anak demam typhoid diruangpaviliun seruni RSUD Jombang tahun 2016 dan asuhan keperawatan pada anak yang mengalami demam typhoid dengan masalah hipertermi dirumah sakit panti waluya malang tahun 2019 yang mencakup analisa pengkajian, penetapan diagnosa, intervensi, implementasi, dan evaluasi pada beberapa unit penelitian.

       Hasil studi literature menunjukkan bahwa masalah prioritas klien demam typhoid adalah hipertermi dengan proses terjadinya bakteri salmonella typhi. Pada responden 1,3 dan 4 setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 jam hipertermi yang dialami oleh klien dapat teratasi. Sedangan pada responden 2 setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 5x24 jam hipertermi yang dialami oleh klien dapat teratasi.

       Studi literature menunjukkan bahwa faktor penyebab pada 4 responden yang terinfeksi bakteri salmonella typhimengalami peningkatan suhu tubuh yang ditandai dengan klien merasa lemah, akral hangat, suhu tubuh di atas 37˚C. Hipertermi berhubungan dengan proses infeksi salmonella typhi menjadi diagnosa prioritas karena klien demam typhoid mengalami peningkatan suhu tubuh dalam batas normal.Pada responden 1,3 dan 4 masalah hipertermi dapat teratasi dalam hari ketiga, sedangkan pada responden 2 masalah hipertermi dapat teratasi pada hari kelima. Sebagaimana hal tersebut, upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri salmonella typhi yaitu menjaga makanan atau minuman yang di konsumsi dan menjaga sanitasi lingkungan yang baik.

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Muhammad. Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Jakarta : EGC

Bula-Rudas, F.J., Rathore, M.H., and Maraqa, N.F. 2015. Salmonella Infections in Childhood. Advances in Pediatrics, 62(1): 29-58.

Eny Indah Ayu, Winda Irwanti, Mulyanti. (2015). Kompres Air Hangat Pada Daerah Aksila Terdapat Penurunan Suhu Tubuh Pada Pasien Demam, Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia.

Inawati. (2017). Demam Tifoid. Artikel Kesehatan Departemen Patologi Anatomi Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Lestari Titik. (2016). Asuhan Keperawatan Anak.Yogyakarta: Nuha Medika.

Lusia, 2015. Pengenalan Demam dan Perawatannya. Surabaya: AUP UNAIR.

Mahdiyah, Dede, dkk. (2015). Perbedaan Efektifitas Kompres Hangat Basah Dan Plester Kompres Terhadap Penuruan Suhu Tubuh Anak Demam Typhoid. Dinamika Kesehatan, Vol.5 No.1.

Malau, Vinta Mariko, dkk. (2015). Hubungan Higiene Perorangandan Sanitasi Makanan Rumah Tanggadengan Kejadian Demam Tifoid Pada Anak Umur 5-14 Tahun diwilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) Volume 3, Nomor 1.

Naveed, A. and Ahmed, Z. 2016. Treatment of Typhoid Fever in Children: Comparison of Efficacy of Ciprofloxacin with Ceftriaxone. European Scientific Journal, 12(6). ISSN: 1857 – 7881 (Print) e - ISSN 1857- 7431.

Nofitasari, Firda. (2019). Penerapan Kompres Hangat Untuk Menurunkan Hipertermia Pada Anak dengan Demam Typoid. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan Vol. 3 No. 2 (44 – 50).

PPNI. (2017). Standar Diagnos Keperawatan Indonesia. Jakarta Selatan: Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Pratama, I. dan Lestari, A. 2015. Efektivitas Tubex sebagai Metode Diagnosis Cepat Demam Tifoid. ISM, 2(1): 70-73.

Sodikin, 2011, Asuhan Keperawatan Anak : Gangguan System Gastrointestinal Dan Hepatomegali. Jakarta : Salemba Medika.

Sulistyawati, Ari. 2017. Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Suraya, Citra. (2019). Hubungan Personal Hygiene dan Sumber Air Bersih dengan Kejadian Demam Typhoid Pada Anak. Jurnal ‘Aisyiyah Medika. Volume 4, Nomor 3.

Timah, Stefanus. (2020). Hubungan Kebiasaan Makan Jajanan Diluar Rumah dengan Kejadian Demam Thypoid Pada Anak diRuangan Irina E Rumah Sakit Umum Pusat Prof. R.D. Kandou Manado. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis Volume 15 Nomor 1 Tahun 2020.




DOI: https://doi.org/10.38040/js.v14i1.414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Surya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal Surya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Journal Surya p-ISSN 1979-9128 ISSN Online 2715-064X

Indexing and Database