Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Dengan Praktik Pencegahan Cedera Pada Anak Pra Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.38040/js.v12i1.97Abstract
Latar Belakang : Karakteristik anak yang mengeksplorasi lingkungan menjadi penyebab utama terjadinya cedera pada anak. Pencegahan cedera sangat diperlukan karena cedera pada anak mempunyai dampak jangka panjang, pencegahan cedera menjadi kunci penting keberhasilan pengurangan cedera. Pengetahuan dan Sikap dari orang tua diduga menjadi faktor yang mendasari terjadinya cedera pada anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap oang tua dengan praktek pencegahan cedera.
Metode : Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah orang tua yang memiliki anak bersekolah di TK AL – Masithoh 04, jumlah sampel sebanyak 40 responden diambil dengan metode Total Sampling. Penelitian dilaksanakan 22 Maret 2018. Variabel pada penelitian ini adalah pengetahuan, sikap dan praktik pencegahan cedera. Uji statistik yang digunakan untuk variabel Pengetahuan adalah korelasi Sommers dan variabel Sikap menggunakan Lambda dengan taraf kepercayaan 95%.
Hasil : Hasil penelitian variabel Pengetahuan terhadap Praktik dengan Sommers didapatkan nilai p=0,001 dan r=0,447; sedangkan variabel Sikap terhadap Praktik dengan Lambda didapatkan nilai p=0,000 dan r=0,650. Kedua variabel mempunyai hubungan yang signifikan serta kekuatan hubungan yang cukup dan kuat. Beberapa hal yang mempengaruhi hasil penelitian ini adalah paparan informasi sebelumnya, usia responden, tingkat pendidikan, serta jumlah anak.
Kesimpulan: Pencegahan cedera pada anak pra sekolah membutuhkan pengetahuan dan sikap orang tua yang baik untuk meningkatkan praktik orang tua dalam melakukan pencegahan cedera pada anak pra sekolah. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua meningkatkan pengetahuan dan praktik pencegahan cedera pada anak pra sekolah.
Â
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Praktik, Pencegahan Cedera, Pra Sekolah
References
Arikunto, S. (2013). Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Atak, N.et.al. (2010). Usubutun, S.A. Household survey: Unintentiona Injury Frequency and Related Factors among Children under Five Years in Malaty. The Turkish Journal of Pediatrics. Vol. 52:285-293.
Cockett, Andrea, & Day, Helen. (2010). Children’s High Dependency Jakarta: Wiley-Blackwell
Dewi & Indrawati. (2011). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Orang Tua Tentang Bahaya cedera dan Cara Pencegahannya Dengan Praktik Pencegahan Cerdera pada Anak Usia Toddler. GASTER, Vol. 8, No. 2:750 - 764.
Depkes RI, (2008). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta
Hockenberry, M. J., & Wilson, D. (2015). Wong's Nursing Care of Infants and Children (10th ed). St. Louis: Mosby Elsevier.
Hurlock, Elizabeth. (2001). Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga
Hidayat, A. Aziz Alimul. (2008). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Jamil, Mokhtar. (2017). Penanganan Kedaruratan Sehari-Hari Pada Anak Usia Dini di Rumah. Purwokerto: IRDH
Kartini, Kartono. (2007). Perkembangan Psikolog Anak. Jakarta: Erlangga.
Kementrian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Kliegman, R. M., Behrman, R. E., Jenson,H.B., Stanton, B. (2007). Nelson textbook of pediatrics (18thed). Philadelphia. Saunders Elsevier.
Kuschithawati, S. (2007). Faktor Risiko Terjadinya Cedera Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Journal of Community Medicine and Public Health. Vol. 23, No. 3.
Kusbiantoro. D. (2014). Praktik Pencegahan Cedera Pada Anak Usia Toddler Ditinjau Dari Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Tentang Bahaya Cedera. SURYA. Vol.02, No.XVIII.
Morrongiello, B. A., Walpole, B., & McArhut, B. A. (2009). Brief report:young children’s risk of unintentional injury: a comparison of mothers’ and fathers’ supervision beliefs and reported practices. http://eresources.perpusnas.go.id/library.php?id=00009.
National Safety Council. (2006). Pertolongan Pertama Dan RJP Pada Anak. Jakarta: Arcan
Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat, Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2011). Kesehatan Masyarakat, Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. (2008). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (Untuk Perawat dan Bidan). Jakarta: Salemba Medika
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.
Potter, Perry. (2010). Fundamental Keperawatan Edisi 7. Jakarta: Salemba Medika.
Purwoko, S. (2006). Pertolongan Pertama dan RJP Pada Anak Edisi 4. Jakarta: Arcan
Ridha. (2014). Buku Ajar Keperawatan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan (pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Wasis. (2008). Pedoman Riset Praktis untuk Profesi Perawat. Jakarta: Rineka Cipta
Wawan & Dewi, M. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Widyaningsih. A, (2014) Hubungan Perilaku Ibu Dalam Pencegahan Cedera Dengan Kejadian Cedera Balita Di Serangan Yogyakarta. STIKES Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi. Naskah publikasi.
Wong. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pedriatik Wong,ed.6. Jakarta: EGC
Wong. (2009). Buku Ajar Keperawatan Anak Ed 6 Vol I. Jakarta: EGC.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
- The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
- The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution (CC BY).