Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Kepuasan Pasien Di Klinik Pratama Rawat Inap Muhammadiyah Parengan, Maduran, Lamongan

Penulis

  • Adi Lukman Hakim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran Lamongan, Indonesia
  • Lia Saputri Cahyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran Lamongan, Indonesia

Abstrak

Pendahuluan: Strategi diferensiasi adalah salah satu strategi pemasaran yang memberikan nilai tersendiri yang berbeda dari pesaing demi meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk itu peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh strategi
diferensiasi terhadap kepuasan pasien di Klinik Pratama Rawat Inap Muhammadiyah Parengan, Maduran, Lamongan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi diferensiasi di Klinik Pratama Rawat Inap Muhammadiyah Parengan. Metode: Penelitian ini dilakukan di Klinik Pratama Rawat Inap Muhammadiyah Parengan. Sampel dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu pembagian anggota sampel dari jumlah populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan pengujian hipotesis (uji t dan uji f).  Hasil Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diferensiasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien di klinik pratama rawat inap muhammadiyah Parengan, Maduran,Lamongan.  


Kata Kunci: Strategi Diferensiasi dan Kepuasan Pasien

Referensi

Defi. (2017). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Loyalitas Pelanggan (Study Kasus Toko Buku Zanafa) Metropolitan City Pekanbaru.

Lestari. (2005). Analisis Strategi Diferensiasi Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran (Study Kasus TELKOMFlexi Classy Divre IV Jawa Tengah dan DIY)

Raisha. (2015). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Jatra Pekanbaru Reski. (2016). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Citra Merek Smartphon Samsung Terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Makassar.

Riama Desy Hotmauli Sibuea & Meyzi Heriyanto. (2017). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Industri Jasa Pengiriman (kasus PT.Pos Indonesia cabang Pekanbaru).

Diterbitkan

2021-12-02

Citation Check