DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN OMSET UMKM DI DESA MERTANI

Inta Susanti, Adelia Puspita sari

Abstract


Pada era digitalisasi saat ini, strategi pemasaran dituntut beradaptasi sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan konsumen yang semakin kompleks. Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secaraonline dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Marketing digital ialah suatu sistem sosial dimana keinginan tiap pihak terpilih akan bertemu secara virtual untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli. Survei yang dilakukan pada tahun 2021 itu memperlihatkan bahwa 202,6 juta orang Indonesia yang berumur 16-64 tahun telah terhubung ke internet. Tujuan pengabdian masyarakat ini meningkatkan pemahaman pada pelaku UMKM mengenai digital marketing. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan atau sosialisasi dengan teknik pengumpulan data berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui ada tidaknya perubahan pemahaman mengenai digital marketing. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa penyuluhan digital marketing berpengaruh pada peningkatan pengetahuan masyarakat atau pelaku UMKM. Dan faktor tingkat pengetahuan juga tingkat kepuasan pelatihan tutorial pembuatan akun dimedia digital, serta tingkat kepuasan penyuluhan digital marketing.

Full Text:

PDF

References


​Kusuma BS, Fauziah N. Hubungan Antara Kecerdasan Adversitas Dengan Empati Pada Siswa Sma. Empati. 2017;6(4):1–5.

​Lie D, Siregar RT, Efendi E, Inrawan A, Halim F. Penyuluhan Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Alternatif Pemasaran 4.0 Bagi Pelaku UKM Ulos Di Kota Pematangsiantar. Glow J Pengabdi Kpd Masy. 2021;1(1):1–8.

​Permana A, Yono RR, Ubaedillah U, Sucipto H. Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce di Desa Cikakak Kecamatan Banjarharjo. JAMU J Abdi Masy UMUS. 2021;2(01):59–64.

​Sulistiyawan E, Fauziyah, Subakir, Fariana R, Dyatmika SW. Sosial media sebagai alternatif pemasaran selama masa pandemi Covid-19 di Desa Slempit Kecamatan Kedamean Gresik Jawa Timur. J Pengabdi Masy [Internet]. 2021;2(1):102–8. Available from: http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/3912

​Lie D, Sisca S, Sherly S, Abdi Putra L, Alex Chandra A. Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Garuda Makmur Sentosa Pematangsiantar Darwin. Strateg J Manag Sci [Internet]. 2021;1(3). Available from: http://jurnal.stiessultanagung.ac.id/index.php/strategic

​Safirin MT, Issafira RD, Priyatna T, Malau GH. Penerapan Digital Marketing dan Peningkatan Strategi Pemasaran HPS ( Himpunan Pengusaha Sumberrejo ) Kemado. 2022;2(1):28–35.

​Anggarini DR. Kontribusi Umkm Sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung 2020. J Ekombis Rev [Internet]. 2021;9(2):345–55. Available from: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/indexDOI:https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i2.1462

​Januar IP, Damayanti O. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen berbelanja. J Manaj Indones. 2017;17(2):103–11.

​Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya S. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ). J Pemberdaya Masy Madani. 2018;1(1):1–17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.