Promosi Kesehatan Rumah Sakit Tips Aman Saat Berkunjung ke Rumah Sakit

Faizatul Ummah, Anisa Zahra Saadiyah, Rahmat Angga, Fitriah Shinta Devi, Burhanuddin Hilmi M., Aun Naufal Ristanto

Abstract


Fasilitas Kesehatan atau yang sering diakronimkan faskes adalah istilah umum yang merujuk pada sarana atau prasarana dan atau perlengkapan yang disediakan oleh fasilitas kesehatan. Covid 19 tealah menjad maslaah sejak tahun 2019 lalu pemerintah telah banyak mengupayakan untuk mengurangai penyebaran virus covid 19 ini. Salah satu upaya pemerintahadalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dan Rumah Sakit juga telahmemberlakukan ini dengan mengurangi interaksi dengan pasien, masyarakat yang tidakberkepentingan dilarang ke rumah sakit dan ditiadakannya jam besuk di rumah sakit.Konfirmasi kasus covid 19 ini telah turun masyarat  juga tetap diharapkan selalu waspadakarena pandemi ini tentunya belum sepenuhnya hilang. Masyarakat juga dapat  memulihkan kesehatannya secara mandiri dengan beristirahat dan mengkonsumsi makanan sehat untuk menghindari penyebaran virus ini. Pengabdian ini bertujuan untuk masyarakat tetap merasaaman saat berkunjung ke rumah sakit dan masyarakat juga dapat meningkatkan kualitaskesehatan tubuh.

Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, Antiam (2017), Pelaksanaan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi dalam peningkatan mutu Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar. Tesis. Universitas Hasanuddin.

Extri, B.A. Putri, I,M. dkk (2019). Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI), Yogyakarta : UNISA.

Hamzah, Z,R, (2018). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat Pelaksanaan dalam Melaksanakan Pencegahan Infeksi Nosokomial di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Pemerintah dan Rumah Sakit Swasta Kota Makassar tahun 2017. Skripsi. UIN Alauddin Makassar.

Handayani R.S., Herman, M.J. (2016) Sarana dan Prasarana Rumah Sakit Pemerintah dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Indonesia. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 6(2), 137-146

Lardo, S., Prasetyu, B. Pawaamitjaja, D., B. (2016). Infection Control Risk Assement (ICRA), CDK-238, 43(3), 215-219.

Masloman, A, P., Kando, G, D, Tilaar, Ch. R. (2015). Analisis Pelaksanaan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Kamar Operasi RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano. JIKMU 5(2), 238-249.

Nurseha, Djaafar. (2013). Pengembangan Tindakan Pencegahan Infinksi Nonokomial Oleh Perawat di Rumah Sakit Berbasis Health Belief Model Jumal Ners, 8(1), 64-71.

Salawati, Liza, (2012). Pergendalian Infeksi Noukumial di Ruang Intensive Care Unit Rumah Sakit Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 12(1), 47-52.

Sari, I, P., Ariza, D., Roesner, M. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan tentang Infeksi Silang dengan Penatalaksanan Pencegahan Infeksi. Jurnal B-Dent, 1(1), 30-37.

Simamora, R. H. (2019). Pengaruh Penyuluhan Identifikasi Pasien dengan Menggunakan Media Audiovisual terhadap Pengetahuan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 342-351.

Simamora, R. H. (2020), Learning of Patient Identification in Patient Safety Programs Through Cinical Preceptor Models, Medico Legal Update, 20(3), 553-556.

Sugeng Adji Soenarso 2020. Survei Markplus Masyarakat Enggan Mengunjungi Rumah Sakit Pada Saat Pandemi

Sulisdiyanto, Herry. (2015). Hubungan Pengetahuan Perawat Tentang Kewaspadaan Universal dengan Pelaksanaan Kewaspadaan Universal di RSUD Kabupaten Penajam Paser Utara, Skripsi STIKES Muhammadiyah Samarinda.

Toro Humas 2021.Tetap Arman Berobat ke Rumah Sakit Selama Pandemi Covid-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.