A STUDY ABOUT UNIVERSITY STUDENTS’ PSYCHOLOGICAL EFFECTS ON ONLINE LEARNING
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kondisi mental para mahasiswa yang menerapkan pembelajaran online. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 54 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah questioner atau angket yang terdiri dari 10 pertanyaan. Adapun proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan platform Google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif para mahasiswa mengalami keluhan psikologis selama mengikuti pembelajaran daring dimasa pandemik Covid 19, hal tersebut diukur menggunakan indikator psikologis. Keluhan keluhan psikologis yang dialami oleh para mahasiswa yakni; Dari 54 respon, 51,6% tidak tertarik terhadap pembelajaran daring dan 48,4% tertarik, 67,6% tidak dapat menagkap pembelajaran secara baik, dan 32,4% dapat menangkap secara baik, 67,9% merasa lebih lelah saat pembelajaran daring dan 32,1% tidak lebih lelah, 86,9% merasa bosan dengan pembelajaran daring dan 13,1% tidak bosan, 74,5% merasa bosan berada dirumah dan 25,5% merasa tidak bosan, 71,6% kesulitan terhadap tugas yang diberikan dan 28,4% tidak kesulitan, , 67,3% merasa kesulitan untuk berekpresi atau aktif dan 32,7% tidak sulit, 67,3% mengalami gangguan sinyal dan 32,7% tidak mengalami, 78,9% merasa kesepian karena tidak dapat bertemu dengan teman secara langsung dan 21,1% tidak kesepian, 65,9% tidak mendapatkan bantuan orang rumah saat pembelajaran daring dan 34,1% dibantu oleh orang rumah. Kesimpulannya adalah terdapat keluhan psikologis yang dialami oleh para mahasiswa. Dengan hal ini diharapkan dapat menjadi evaluasi agar kedepannya pembelajarn di Indonesia semakin membaik.
Kata Kunci : Kondisi Psikologis, Pembelajaran DaringReferences
Alqahtani, N. D. (2021). Adaptasi dalam sistem E-learning. techniumscience, 311.
Angga. (2020, september 01). Agar Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi Lebih Efektif. Dipetik oktober 11, 2021, dari untirta: https://untirta.ac.id/2020/09/01/agar-pembelajaran-daring-di-perguruan-tinggi-lebih-efektif/
Apostol, A.-C. (2020). Persepsi siswa tentang dampak COVID-19 terhadap proses pembelajaran. Pendekatan sosiologis. techniumscience, 500.
Deliviana, Erni, Hilery, & Naomi. (t.thn.). PENGELOLAAN KESEHATAN MENTAL MAHASISWA BAGI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. 129–138.
Development, P. N. (t.thn.). Pengertian Dampak Psikologis. Diambil kembali dari psychologymania: https://www.psychologymania.com/2013/07/pengertian-dampak-psikologis.html
Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan.
Egsaugm. (2020, october 14). Pembelajaran Daring, Efektif Gak Sih Buat Mahasiswa? Dipetik october 11, 2021, dari egsa geo ugm: https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/10/14/pembelajaran-daring-efektif-gak-sih-buat-mahasiswa/.
Goldberd, Eastwood, Laurdia, & Danckert. (2011). 650.
Harapani, A. (2020). PENGARUH KULIAH DARING SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP. 1.
Hashemi, A. (2021). Previous Studies on The Impact of Online Education in EFL and ESL contexts. techniumscience, 177.
Hellosehat. (t.thn.). Galau dan Merasa Kesepian Berdampak Buruk bagi Kesehatan. Diambil kembali dari hellosehat: https://hellosehat.com/mental/gangguan-mood/galau-dan-merasa-kesepian-berdampak-buruk-bagi-kesehatan/
Hidayat, W. (2021, januari). Jalani Perkuliahan secara Daring, Mahasiswa Keluhkan Banyak Kendala. Dipetik oktober 11, 2021, dari lpmopini online: https://lpmopini.online/jalani-perkuliahan-secara-daring-mahasiswa-keluhkan-banyak-kendala/
Jamil. (2015). SEBAB DAN AKIBAT STRES,DAN KECEMASAN SERTA PENANGGULANGANNYA. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 135.
linikampus. (2020, mei 6). Kuliah Daring dan Kesehatan Mental. Dipetik oktober 11, 2021, dari linikampus: https://linikampus.com/2020/05/06/kuliah-daring-dan-kesehatan-mental-2/
Mahardhika, A. (2020, april 17). 7 Penyebab Gangguan Kecemasan Mahasiswa di Tengah Pandemi Corona. Diambil kembali dari health detik: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4980442/7-penyebab-gangguan-kecemasan-mahasiswa-di-tengah-pandemi-corona
Mandapaka, R. S., & Nedunuri, R. M. (2020). Studi tentang efektivitas & Tantangan kelas online untuk guru dan siswa technoscience, 286.
Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). PembelajaranDaring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosendi Tengah Pandemi. inobis, 378.
Naomi Ernawati Lestari, M. P. (t.thn.). dampak psikologi dan perkembangan mental remaja pada masa pandemi. Diambil kembali dari stik-sintcarolus: https://www.stik-sintcarolus.ac.id/upload/media/2021-07-30/3f8528af080ee94b059235021b94bac8.pdf
Permana, R. W. (2021, juli 14). Ini Penyebab Mengapa Tubuh Seseorang Terasa Lelah Ketika Sedang Stres. Diambil kembali dari merdeka: https://www.merdeka.com/sehat/ini-penyebab-mengapa-tubuh-seseorang-terasa-lelah-ketika-sedang-stres.html
Pratama. (2013). . Pemanfaatan Ekstrak Daun Jati (Tectona grandis linn. f.) Sebagai Indikator Titrasi AsamBasa. skripsi Universitas Negeri Semarang.
Putra, I. P. (2021, mei 20). Kuliah Daring Mengasah Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa. Dipetik oktober 11, 2021, dari medcom: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/8ko47QlK-kuliah-daring-mengasah-tanggung-jawab-belajar-mahasiswa
Rozaq, & Sofyana. (2019). PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI BERBASIS WHATSAPP. Diambil kembali dari Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika).: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/17204
Sugara, I. (2014). BAB II. Diambil kembali dari etheses.uin-malan: http://etheses.uin-malang.ac.id/638/6/10410168%20Bab%202.pdf
Suharwoto, D. G. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Diambil kembali dari pusdatin kemdikbud: https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/
Suntiawati, & Westa. (2015). PREVALENSI TINGKAT KECEMASAN REMAJA DI PANTI. Diambil kembali dari Intisari Sains Medis: https://doi.org/10.15562/ism.v3i1.72
Supriyanto. (2020, September). Agar Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi Lebih Efektif. Diambil kembali dari untirta: https://untirta.ac.id/2020/09/01/agar-pembelajaran-daring-di-perguruan-tinggi-lebih-efektif/
Timur, D. A. (2021). Sabda Cinta Persembahan DPD ADRI Jawa Timur untuk Khasanah Tridharma di Masa Pandemi. surabaya: Narotama University Press.
umy. (2020, juni 19). Konsep Pembelajaran Daring: Bekal Penting Bagi Dosen dan Institusi. Dipetik oktober 11, 2021, dari umy: https://www.umy.ac.id/konsep-pembelajaran-daring-bekal-penting-bagi-dosen-dan-institusi.
Wahyunengsih, W. (2018). Teachers’ Perspective on the Challenges of Teaching English for Specific Purposes in Indonesia. Journal of English for Academic and Specific Purposes, 1(1), 22. https://doi.org/10.18860/jeasp.v1i1.5243
Yassin, B. A. (2020, september 23). Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Daring. Dipetik oktober 11, 2021, dari pustaka unand: https://pustaka.unand.ac.id/component/k2/item/231-kuliah-online-daring
Zubaidah, N. (2021, 9 23). Psikolog UB Ungkap Dampak Kuliah Daring bagi Mahasiswa. Dipetik 10 11, 2021, dari edukasi sindonews: https://edukasi.sindonews.com/read/519172/211/psikolog-ub-ungkap-dampak-kuliah-daring-bagi-mahasiswa-1629702529?showpage=all