OPTIMALISASI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH MELALUI PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL

Authors

  • Endah Emiarti Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Al Rosyid Bojonegoro, Indonesia
  • Khoirul Mutholibins Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Al Rosyid Bojonegoro, Indonesia
  • Nurul Laili Ittasyaq Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Al Rosyid Bojonegoro, Indonesia

Abstract

Latar belakang: Kurangnya pengalaman dalam mengelola usahanya sendiri sering dihadapi oleh pelaku UMKM, selain itu banyaknya pelaku UMKM yang tidak memikirkan bagaimana cara mengembangkan usahanya. Perkembangan teknologi informasi mendorong kemajuan di berbagai bidang, termasuk transaksi bisnis dengan menggunakan pemasaran digital dan media sosial yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnisnya. Tujuan: Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM terhadap perkembangan teknologi informasi, terutama peranan teknologi informasi untuk memasarkan produk UMKM atau digital marketing. Metode: Kegiatan ini berupa pelatihan di bidang digital marketing untuk UMKM di Desa Siwalan. Total ada 15 UMKM yang bergerak di sektor pangan, telah diadakan pelatihan penerapan digital marketing dan media sosial dalam pemasaran. Hasil: Pasca pelaksanaan pelatihan, lebih dari 80% pelaku UMKM di desa Siwalan memahami materi. Kesimpulan: Pengabdian masyarakat ini berhasil membuat UMKM menerapkan pemasaran digital dan media sosial dalam kegiatan jual belinya.

Downloads

Published

2024-02-12 — Updated on 2024-08-26

Versions

How to Cite

Emiarti, E., Mutholibins, K., & Ittasyaq, N. L. (2024). OPTIMALISASI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH MELALUI PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL. Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.umla.ac.id/index.php/JCRE/article/view/857 (Original work published February 12, 2024)

Issue

Section

Articles

Citation Check