ANALISIS KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS IV TERHADAP TATA TERTIB DI SD MUHAMMADIYAH 1 BABAT

Natasya Ayu Fitria

Abstract


Analisis Kedisiplinan Peserta Didik Kelas IV Terhadap Tata Tertib di SD Muhammadiyah 1 Babat. Ditemukannya permasalahan kedisiplinan terhadap tata tertib di SD Muhammadiyah 1 Babat. Menarik bagi peneliti untuk menganalisis kedisiplinan peserta didik kelas IV terhadap tata tertib diSD Muhammadiyah 1 Babat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk pelanggaran kedisiplinan tata tertib beserta faktor-faktornya, Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan peserta didik kelas IV terhadap tata tertib di SD Muhammadiyah 1 Babat berjalan dengan kurang baik karena masih ditemukan pelanggaran kedisiplinan tata tertib. Faktor utamanya adalah faktor keluarga. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberi tahu siswa untuk menaati tata tertib sekolah. Kendala utamanya yaitu peraturan yang dibuat dilanggar siswa. Simpulan penelitian ini yaitu kedisiplinan peserta didik kelas IV terhadap tata tertib diSD Muhammadiyah 1 Babat belum berjalan dengan baik karena ditemukannya pelanggaran kedisiplinan belajar yang disebabkan oleh beberapa faktor, pihak sekolah telah mengupayakan penanaman kedisiplinan tata tertib di kelas IV walaupun masih ada kendala yang dialami.

Keywords : Discipline, Rules, Class IV Students.


Full Text:

PDF [1-11]

References


Annisa, Fadillah. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplinpada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, Vol X, No. 1.

Aslamiyah, Siti Suwaibatul. (2020). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Penanaman Budaya Disiplin Siswa. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam.

Chalista, Suhartono, Ngatman. (2020). Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Panjer Tahun Pelajaran 2019/2020. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Ernaningsih, D., dan Anomeisa, A. B. (2019). Peran Guru PKn Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah. BIRUNIMATIKA, 4(2), 8–14.

Faizah, Nurul. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah Di SMA Negeri 2 Klaten. Prosiding Seminar Nasional : Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.

Fawaid, Moh.Mansyur. (2017). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Jurnal Civic Hukum. Volume 2, Nomor 1.

Khalid, Salman. (2021). Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah dalam Pembentukan dan Perubahan Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama. Paidea:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IndonesiaVol. 1 No. 2.

Khasanah, L. A. I. U., MZ, A. S. A., & Irmaningrum, R. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Menulis Surat Resmi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(01), 125–130.

Laugi, Saidah. (2019). Penerapan Tata Tertib Sekolah untuk Membangun Disiplin Siswa di SMA Negeri 1 Konawe. Shautut Tarbiyah. Vol. 25. No.2.

Lisnawati, Martono, N. Puspitasari, E. (2023). Mekanisme Pendisiplinan Siswa di SMA Dalam Penegakan Tata Tertib Sekolah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 6, Nomor 3.

Matussolikhah, R. Brillian, R. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. Prima Magistra : Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 2. No. 2. Hlm. 226-234.

Nopianti, Alfiandra, Faisal. (2014). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Smp Islam Az-Zahrah 1 Palembang.

Setiawan, D., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Dalam Menegakkan Tata Tertib Sekolah di SDN 006 Bukit Kapur Kota Dumai. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 661–670.

Sugiarto, Ahmad Puji, Suyati, Yulianti. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Vol. 24 No. 2.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zendrato, T. L. N., dan Lase, B. P. (2022). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 124–138.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.