PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMUNIKASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SMK BABAT

Ira Megasyara, Indah Fauziyah, Dilla Vista Amelia, Elsa Hanida Asnatullah, Febby Milenia Santoso, Siti Nurul Azizah, Della Trista Eka Saputri

Abstract


Jumlah pegawai (Tenaga Kerja) yang melimpah, Untuk mencapai kinerja pegawai yang maksimal maka dibutuhkan sebuah komunikasi yang efektif , komunikasi memiliki peranan penting  dalam suatu interaksi  sosial dimana komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Oleh karena itu, komunikasi akan sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan SMK Babat yang berjumlah 217 orang pegawai. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dan diperoleh 80 responden dalam sampel ini. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, uji normal dan analisis regresi linear berganda. Secara persial Budaya Organisasi tidak berpengaruh secara signifikan sedangkan komunikasi dan kepuasan kerja itu berpegaruh secara signifikan dan secara simultan ketiganya berpengaruh kepada kinerja.

Kata kunci: Budaya Organisasi, Komunikasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Akbar,Rizza Muhammad.2013.Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Employee Engagement(Studi pada Karyawan PT.Primatexco Indonesia di Batang).Journal of Science and Industrial Psychology.Vol.2.No.1.ISSN 2252-6838.

Arianty,N(2016) Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja.Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,4(2),1-16.

Ghozali,Imam.(2015).Aplikasi Analisis Multivariate dentan Prohram IBM SPSS 23 dengan program IBM SPSS 2.1.Edisi 7 Cetakan 8.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghultom,D.K.(2014).Pengaruh Budaya Organisasi Perusahaan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan.Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis,14(2),176-184.

Hamdi,Asep Saepul.2014.Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan.Edisi satu.Yogyakarta: Deepublish(CV Budi Utama).

Handoko,T.Hanu.2010.Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.Edisi dua.Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta H.A.W

widjaya.2000.Ilmu Komunikasi,Pengantar Studi.Jakarta:Rieneka Cipta.

Hasibuan,S.P.Melayu,2004,Manajemen Sumber Daya Manusia,Bumi Aksara Jakarta.

Herlista,Joko dan Dewi.2013.Pengaruh Budaya Organisasu,Komunikawi Organisasi teehadap Kinerha Karyawan melalui Motivasi sebagai Variab3l Inteevening pada PT.Pln(persero) Area Semarang.

Lina,Dewi.2014.Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Sistem Reward Sebagai Variabel Modeeating:Pegawai Biro UMSY Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis.Vol.14,No.1.

Lunthas,J.Fred.Perilaku Organisasi.Edisi Sepuluh.Terjemahan oleh Vivin Andhika Yuwoni,dkk.2006.Yogyakarta:ANDI.

Mangkunegara,A.A Anwar Prabu.2002.Manajemen Sunber Daya Manusia Perusahaan.Cetakan kedua,Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara,A.P.2005.Perilaku dan Budaya Organisasi.Refika Aditama,Bandung.

Mangkunegara,Anwar Prabu,(2011).Evaluasi Kinerja SDM,Cetakan keempat,Jakarta:Penerbit Refika Aditama.

Mathis,Robert L.dan John H.Jackson.2006.Manajemen Sumber Daya Manusia,Edisi sepuluhmJakarta:Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal Economics, Management, and Business Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020. Journal Economics, Management, and Business Research