Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Di Ramatama Big Mart

Masruroh Masruroh, Nur Izzah Firdausi

Abstract


Pendahuluan: Dalam persaingan bisnis retail, perusahaan dituntut agar semaksimal mungkin menjadikan konsumen tertarik untuk melakukan pembelian. Dalam proses pembelian dimana seorang akan berbelanja akan terlihat bahwa faktor lokasi dan harga akan ikut menentukan. Keputusan berbelanja biasanya memerlukan pertimbangan yang benar–benar mendukung dan dapat menguntungkan pembeli seperti faktor lokasi dan harga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi dan harga secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian di Ramatama Big Mart. Metode: Jumlah sampel pada penelitian ini 100 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil: Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi Y = 0,557 + 0,405 + e. Dari hasil analisis statistik, diketahui bahwa ada pengaruh posistif dan signifikan, variabel independen mempengaruhi variabel dependen dengan hasil uji simultan F hitung ((194,135) > dari F tabel (3,09), dengan taraf signifikan 0,000<0,005, artinya secara simultan ada pengaruh dari variabel lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian. Hasil uji korelasi R² diketahui bahwa hasil R square
sebesar 0,800 artinya bahwa sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 80%.

Kata Kunci: Lokasi, Harga, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Antari et al (2014) Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Berbelanja pada Mini Market Sastra Mas Tabanan.

Kubuwono, M. (2015). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Berkunjung di Wisata Bahari Lamongan, Proposal penelitian, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran-Lamongan.

Niswah, M. (2017), Analisis Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Kinerja Karyawan di Tanjung Kodok Beach Resort Paciran lamongan, Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran

Setiawan, R. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Atribut Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android (Studi Kasus Mahasiswa STIE Muhammadiyah Paciran-Lamongan) Proposal penelitian, Sekolah Tinggi Imu Ekonomi Muhammadiyah Paciran-Lamongan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.