Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Mh Mart Paciran-Lamongan

Mahfudhoh Mahfudhoh, Safril Adi Kharisma Adi Kharisma

Abstract


Pendahuluan: Dalam persaingan di dunia perdagangan retail, perusahaan dituntut mempunyai nilai plus di banding perusahaan lain, salah satunya adalah kualitas produknya, loyalitas pelanggan merupakan faktor utama untuk tetap menjaga konsumen agar tidak berpindah pada kompetitor yang sejenis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan besarnya pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada MH Mart Paciran-Lamonggan. Metode: Jumlah sampel pada penelitian ini 100 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil: Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi Y= -1,518 + 0,555 + e, Dari hasil analisis statistik, diketahui bahwa ada pengaruh positif dan parsial yang signifikan bahwa variabel independen secara signifikan mempengaruhi variabel dependen. Diketahui T hitung 17,263 > T tabel 1.98447 dan Sig. (0.000) < 0.05, artinya secara parsial ada pengaruh dari variabel perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian. Hasil uji korelasi R diketahui dari tabel diketahui juga R Square sebesar 0,753. Artinya adalah bahwa sumbangan pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen adalah sebesar 75,3%. 

Kata Kunci: Kinerja, Kehandalan, Daya Tahan, Kesesuaian dan Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Assauri,S. (2009). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Edisi Pertama. Jakarta: Rajagrafindo.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, J. (2005). Costumer Loyality : Menumbuhkan dan Mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Lemeshow, S.,et.al. (1997). Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Alih Bahasa Pramono,D., Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sopiah Dan Syihabudhin. (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.