Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Produk Air Mineral Drize Pada Perusahaan Cv. Dafista Mulia Betiring Sumberagung Brondong-Lamongan
Abstract
Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh secara parsial faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk air mineral Drize; Untuk mengetahui seberapa signifikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk air mineral Drize. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Betiring sumberagung yang pernah membeli atau memakai air mineral Drize, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah sebagian masyarakat betiring–sumberagung yang pernah membeli atau memakai air mineral Drize. Teknik dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan type convenience sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara sebanyak 100 responden. Hasil: Dari hasil Analisis data menggunakan regresi linear berganda di peroleh persamaan = regresi Y = 13,979 + 0,135 + 0,095 – 0,448 + 0,958 + 0,095. Dari persamaan tersebut dapat disimpulkan bahwa harga,kualitas, merek, dan distribusi mempunyai pengaruh searah terhadap keputusan pembelian. Dengan ini penulis menyimpulkan bahwa sebaiknya perusahaan air mineral Drize berusaha untuk mempertahankan atau meningkatkan faktor-faktor tersebut sehingga lebih berpengaruh atau dapat meningkatkan keputusan pembelian.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Harga, Kualitas, Merek
References
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S, (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Trineka Cipta
David, D. (2002). Manajemen Agribisnis. Jakarta: Erlangga.
Djarwanto PS., Pangestu Subagyo. (1996). Statistik Induktif. Yogyakarta: BPFE.
Engel, et al. (1994). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara
Engel, et al. (1995). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam Jilid Kedua. Jakarta: Binarupa Aksara.
Husein. (2002). Metode Riset Bisnis. Cetakan Pertama. IKAPI. Jakarta: Penerbit. PT Gramedia Pustaka Utama.
Husein Umar. (2005). Riset Pemasaran dan Perilkau Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Kismono. (2001). Pengantar Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE
Kotler, P. (1993). Manajemen Pemasaran Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT Rosdakarya.
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Grafika indo
Stanton. (1991). Prinsip Pemasaran. Jilid Dua. Edisi Ketujuh. Terjemahan: Sundaru. Bandung:Penerbit Erlangga.
Singarimbun, Masri., Sofian, E. (1989). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta