Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Produk Air Mineral Drize Pada Perusahaan Cv. Dafista Mulia Betiring Sumberagung Brondong-Lamongan

Authors

  • Mahfudhoh Mahfudhoh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran Lamongan, Indonesia
  • Infakhul Ma’ayis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran Lamongan, Indonesia

Abstract

Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh secara parsial faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk air mineral Drize; Untuk mengetahui seberapa signifikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk air mineral Drize. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Betiring sumberagung yang pernah membeli atau memakai air mineral Drize, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah sebagian masyarakat betiring–sumberagung yang pernah membeli atau memakai air mineral Drize. Teknik dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan type convenience sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara  sebanyak 100 responden. Hasil: Dari hasil Analisis data menggunakan regresi linear berganda di peroleh persamaan = regresi Y = 13,979 + 0,135 + 0,095 – 0,448 + 0,958 + 0,095. Dari persamaan tersebut dapat disimpulkan bahwa harga,kualitas, merek, dan distribusi mempunyai pengaruh searah terhadap keputusan pembelian. Dengan ini penulis menyimpulkan bahwa sebaiknya perusahaan air mineral Drize berusaha untuk mempertahankan atau meningkatkan faktor-faktor tersebut sehingga lebih berpengaruh atau dapat meningkatkan keputusan pembelian.

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Harga, Kualitas, Merek

References

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S, (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Trineka Cipta

David, D. (2002). Manajemen Agribisnis. Jakarta: Erlangga.

Djarwanto PS., Pangestu Subagyo. (1996). Statistik Induktif. Yogyakarta: BPFE.

Engel, et al. (1994). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara

Engel, et al. (1995). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam Jilid Kedua. Jakarta: Binarupa Aksara.

Husein. (2002). Metode Riset Bisnis. Cetakan Pertama. IKAPI. Jakarta: Penerbit. PT Gramedia Pustaka Utama.

Husein Umar. (2005). Riset Pemasaran dan Perilkau Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kismono. (2001). Pengantar Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE

Kotler, P. (1993). Manajemen Pemasaran Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT Rosdakarya.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Grafika indo

Stanton. (1991). Prinsip Pemasaran. Jilid Dua. Edisi Ketujuh. Terjemahan: Sundaru. Bandung:Penerbit Erlangga.

Singarimbun, Masri., Sofian, E. (1989). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2021-12-02

Citation Check