Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen

Penulis

  • Muasfandi Muasfandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran Lamongan, Indonesia
  • Mahridotl Hasanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran Lamongan, Indonesia

Abstrak

Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Metode: Populasi penelitian ini adalah konsumen DM Seafood Milenial Blimbing Paciran Lamongan yang berjumlah 100 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang disebar secara acak kepada konsumen DM Seafood Milenial Blimbing Paciran Lamongan.Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu harga sebagai variabel (X1), kualitas produk sebagai variabel (X2).Dan satu variabel dependen yaitu kepuasan konsumen sebagai variabel (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji determinasi, uji asumsi klasik, uji normalitas,uji heteroskedastisitas, uji mulitikolineritas, analisis regresi linear berganda, uji F dan Uji T. Hasil: Hasil Penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah Harga berpengaruh
positif terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Buku Panduan. (2017). Pedoman Penulisan Proposal & Skripsi STIE Muhammadiyah Paciran Lamongan.

Eriyanto, P. N. (2011). Manajemen Harga Dan Kualitas Produk. Cetakan Keempat Belas. Manajemen Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kothler, Philip., Garry Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas Alih bahasa: BobSabran. Jakarta: Erlangga.

Santoso. (2014). SPSS 23 From Essential to Expert Skills. Jakarta: PT.ElexMedia Komputindo

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu., Irwan. (1997). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.

Tjiptono, Fandy. (2007). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu media Publishing.

Tjiptono, Eriyanto. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Ulfiarahmi. (2013). Langkah-langkah menyusun instrument. Surabaya: Nandan

Umar, Husein. (2002). Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. 4 Juli

Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 93. Jakarta.

William J. Stanton. (2000). Prinsip Pemasaran, Edisi Ke Tujuh, Jilid Pertama, Jakarta: Erlangga.

Diterbitkan

2021-12-02

Citation Check