Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Roti Cempaka Paciran Lamongan
Abstrak
Pendahuluan: Produk roti cempaka merupakan sebuah produk yang berasal dari industri rumahan yang memproduksi berbagai macam bentuk roti. Dalam memenuhi permintaan konsumen yang selalu berubah, produk roti cempaka diproduksi dengan jumlah yang berbeda untuk roti tersebut. Walau begitu produk tersebut mampu bertahan dari tahun1999 sampai sekarang tahun 2019. Metode: Metode pengolahan data yang digunkan peneliti adalah analisi regresi linier sederhana, dengan sampel sebnayak 100 responden. Hasil: Hasil dai penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian. Hasil R Square ditemukan bahwa pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian dapat dijelaskan sebesar 55,9%. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sesuai dengan interval koefisien yaitu 0,40-0,995 yang masuk dalam kategori sedang. Sedangkan sisanya 44,1% dijelaskan
oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Sosial, dan Keputusan Pembelian
Referensi
Amirullah. (2002). Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Assael, Henry. (1992). Consumer Behaviour and Markrting Action. Massachusetss: PWS-Kent. Boston: Publishing Company.
Bungin, B. (2012). Metode Peneltian Kuantitatif. Edisi Kedua prenamedia. Jakarta.
Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT.Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Pemasaran Cara Praktis Meneliti Konsumen dan Pesaing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ivancevich, J.M. (2006). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Moehji, S. (1971). Ilmu Gizi. Jilid Kedua. Jakarta: PT. Bhratara Karya Aksara.
Mowen, J.C., dan M. Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Edisi Kelima. Cetakan Pertama. Jakarta: PT.Erlangga.
Sadeli, M. Lili & Ukas, Maman. 2000. Pengantar Bisnis Ilmu Menjual. PT.Bumi Aksara. Jakarta.
Sangadji, Etta Mamong dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen-Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Andi. Yogyakarta.
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah. 2017. Pedoman Penulisan Proposal & Skripsi. STIEM Media Publishing. Paciran – Lamongan.
Schiffman dan Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Winardi. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.