Penyuluhan Tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk Dengan 3M

Dadang Kusbiantoro, Nahardian Vica R., Muhamad Ganda Saputra

Abstract


Pemberantasan jentik nyamuk adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk membasmi atau memberantas tekur, jentik, dan kepompong nyamuk dengan berbagai cara, dengan tujuan untuk menekan laju pertumbuhan nyamuk di lingkungan. Jentik adalah tahap larva dari nyamuk. Jentik hidup di air dan memiliki perilaku mendekat atau “menggantung†pada permukaan air untuk bernafas. Jentik menjadi sasaran dalam pengendalian populasi nyamuk yang berperan sebagai vektor penyakit menular melalui nyamuk, seperti malaria dan demam berdarah.

Banyak penyakit yang muncul akibat dari kelalaian terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya adalah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal ini membuktikan bahwa sebagian masyarakat masih kurang sadar terhadap kebersihan lingkungan. Pemberantasan jentik nyamuk perlu dilakukan untuk mengendalikan populasi nyamuk Aedes Aegypti, sehingga penularan DBD dapat dicegah atau dikurangi.

Dengan berbagai permasalahan tersebut masyarakat seharusnya sudah mengetahui tentang pentingnya menjaga lingkungan dari tempat-tempat bersarangnya nyamuk dan perlu memberantas sarang nyamuk agar dapat terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk.

Menganggung pakaian memang hal yang terkadang diremehkan oleh banyak orang. Masih banyak orang yang menganggung pakaian maka banyak pula nyamuk yang akan bersarang di gantung baju tersebut. Sebaiknya masyarakat tidak membiasakan perilaku yang seperti itu terus menerus. Karena dengan berkembangnya nyamuk disana akan menimbulkan berbagai penyakit. Seperti DBD. Menguras bak kamar mandi sebaiknya minimal 1 minggu sekali


References


Departemen Kesehatan RI. 2010. Pencegahan dan pemberantasan nyamuk deman berdarah dengue (PNS DBD). Diktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan lingkungan : Jakarta

Saputra, M. G., Nurdiana, F., Kes, N. M., & Al Mabruri, M. F. (2020). HUBUNGAN PERAN GANDA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT WANITA DI PELAYANAN RUMAH SAKIT. Journal Of Health Care, 1(2).

Ummah, F., Kusdiyana, A., & Saputra, M. G. (2021). PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN BERBASIS WEBSITE. Jurnal Abdimasmuhla, 2(1).

Departemen Kesehatan RI. 2012. Pencegahan dan pemebrantasan Deman Berdarah Dengue di Indonesia. Diktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan : Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.