Sosialisasi Informasi Dan Komunikasi Jaminan Kesehatan BPJS Dan Posyandu Lansia Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Lansia

Muhamad Ganda Saputra, Fara Nurdiana, Nuryati Nuryati

Abstract


Seiring dengan semakin meningkatnya populasi lansia, pemerintah telah merumuskan berbagai kebijakan pelayanan kesehatan usia lanjut ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lansia untuk mencapai masa tua bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya. Sebagai wujud nyata pelayanan sosial dan kesehatan pada kelompok usia lanjut ini, pemerintah telah mencanangkan pelayanan pada lansia melalui beberapa jenjang. Pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat adalah Posyandu lansia, pelayanan kesehatan lansia tingkat dasar adalah Puskesmas, dan pelayanan kesehatan tingkat lanjutan adalah Rumah Sakit. Peningkatan    kualitas    pelayanan    publik pada   Badan   Penyelenggara   Jaminan   Sosial (BPJS) Kesehatan sangatlah penting agar dapat meningkatkan  kepuasan  terhadap  masyarakat dalam memperoleh  pelayanan  kesehatan  yang aman,bermutu,    sistem    serta    harga    yang terjangkau.  Pelayanan  bidang  kesehatan  belum memenuhi standar pelayanan publik yang baik, akses  masyarakat  untukmendapatkan  manfaat pelayanan  sangat  terbatas,  masyarakat  belum bisamendapatkan  pelayanan  di  semua  fasilitas kesehatan(Widiastuti, 2018). Setelah diberikan materi penyuluhan / pendidikan kesehatan, pengetahuan peserta tentang pentingnya informasi dan komunikasi jaminan kesehatan bpjs dan posyandu lansia bisa bertambah. Disarankan kepada petugas kesehatan agar meningkatkan kualitas dan kuantitas penyuluhan kesehatan kepada para lansia agar pengetahuan mereka tentang kesehatan menjadi lebih baik, yang selanjutnya akan mengubah  sikap dan perilaku kesehatan mereka menjadi lebih baik. Selain itu disarankan agar petugas kesehatan meningkatkan kerjasama lintas program maupun lintas sektoral untuk meningkatkan peran aktif lansia dalam kegiatan posyandu.


References


Maryam, R. Siti, dkk. 2011. Mengenal UsiaLanjut Dan Perawatannya. Jakarta. SalembaMedika

Saputra, M. G., Nurdiana, F., Kes, N. M., & Al Mabruri, M. F. (2020). HUBUNGAN PERAN GANDA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT WANITA DI PELAYANAN RUMAH SAKIT. Journal Of Health Care, 1(2).

Ummah, F., Kusdiyana, A., & Saputra, M. G. (2021). PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN BERBASIS WEBSITE. Jurnal Abdimasmuhla, 2(1).

S. Tamher, noorkasiani.2011. Kesehatan Usia Lanjut Dengan Pedekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

https://docplayer.info/210659891-Sosialisasi-informasi-dan-komunikasi-jaminan-kesehatan-bpjs-dalam-meningkatkan-pelayanan-kesehatan-lansia.html (diakses pada tanggal 15 Maret)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.