Parenting Education Pola Asuh Anak Prasekolah

Nahardian Vica Rahmawati, Fara Nurdiana

Abstract


Anak merupakan asset bangsa yang paling berharga di masa yang akan datang. Oleh karena itu, pembangunan kesehatan sebagai bagian dari upaya membangun manusia seutuhnya antara lain diselenggarakan melalui upaya kesehatan anak yang dilakuka sedini mungkin. Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia harus dilakukan secara berkesinambungan dalam kerangka siklus hidup manusia yang dimulai dari sejak dalam kandungan sampai lanjut usia. Upaya kesehatan yang dilakukan sejak anak masih dalam kandungan sampai lima tahun pertama kehidupannya ditujukan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya sekaligus meningkatkan kualitas hidup anak agar mencapai tumbuh kembang optimal baik fisik, mental, emosional maupun sosial serta memiliki intelegensia majemuk sesuai dengan potensi genetiknya (Dep.Kes Ri, 2007). Untuk itu   pembinaannya perlu dilakukan sejak dini sesuai dengan siklus tersebut. Salah satu tahapan yang sangat penting adalah masa balita khususnya tahap janin sampai anak berusia dua tahun karena pada tahap usia ini terjadi perkembangan otak yang sangat cepat yakni mencapai 80%. Di masa balita, anak-anak memiliki kesempatan mengembangkan aspek-aspek dalam dirinya, baik secara fisik, kognitif, maupun sosioemosional. Pengajaran dan pendidikan pada anak sangat penting untuk menjadi modal dasar di masa depanya. Agar orang tua dapat memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anaknya dengan baik diperlukan pengetahuan tentang pengasuhan anak yang baik pula. 

Hasil kegiatan pengabdian masyarakat (Parenting Education) menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan sasaran tentang pola asuh anak “kiat menjadikan anak hebatâ€. Disarankan agar program parenting education dibuat program yang berkelanjutan agar orang tua semakin memahami bagaimana mengasuh anak dengan baik sehingga dapat menghasilkan anak-anak yang hebat. Dengan demikian generasi penerus bangsa di masa yang akan datang akan semaikn baik dan berkualitas.


References


Saputra, M. G., Nurdiana, F., Kes, N. M., & Al Mabruri, M. F. (2020). HUBUNGAN PERAN GANDA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT WANITA DI PELAYANAN RUMAH SAKIT. Journal Of Health Care, 1(2).

Ummah, F., Kusdiyana, A., & Saputra, M. G. (2021). PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN BERBASIS WEBSITE. Jurnal Abdimasmuhla, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.