Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatkan Penjualan Produk Keripik Singkong Industri Rumah Tangga di Desa Tunggul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

Fajriyatul Izzah, Yulie Wahyuningsih

Abstract


Introduction/Main Objectives: The purpose of this study was to determine the marketing strategy of home industry cassava chips, as well as to describe the supporting and inhibiting factors in the marketing of home industry cassava chips in the village of Tunggul, Paciran district, Lamongan district. Background Problems: The use of the right strategy in running a business is important, especially in marketing carried out by business people to expand marketing reach and to achieve increased sales. Research Methods: This type of research is qualitative. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. Then the data were analyzed through the steps of reduction, data presentation, and drawing conclusions.  Finding/Results: the marketing strategies used by cassava chips producers in the home industry including product strategies, prices, places, physical evidence and processes. While the promotion strategy and people are not used. And the supporting factors for the marketing strategy of cassava chips are the inhibiting factors in the marketing strategy of the production of cassava chips, namely the lack of government attention, weather and health factors.


Full Text:

PDF

References


Atmoko, T.P. 2018. “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakartaâ€. Jurnal Turis Indonesia, Kesehatan, Rekreasi (Online). Vol 1 nomer 2. (prasplg@gmail.com) diakses 24 Desember 2020.

Badan pusat statistik kabupaten Lamongan. 2018. Jumlah industri menurut kecamatan dan kelompok di kabupaten Lamongan 2016. Lamongankab.bps.go.id

Bahwiyanti, Jaya, Sugiannor. 2018. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan pada CV

Banjar Baruâ€. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis (Online). Jilid 4 nomer 1 hal 058-068,

(http://ejurnal.stiepancasetia.ac.id/index.php/jieb) diakses 18 Desember 2020.

Daniel. 2016. Marketing mix adalah: definisi, unsur 7P, kegiatan, tujuan dan pentingnya marketing mix untuk kelangsungan bisnis. EkonomiManajemen.com Diniaty,Dewi., Agusrinal. 2014. “Perancangan Strategi Pemasaran pada Produk Anyaman Pandanâ€. Jurnal Sains Teknologi dan Industri (Online). Vol 11 nomer 2. (dewidiniaty@yahoo.co.id) diakses pada 03 Januari 2021.

Fajriyah, Lilis Wahidatul. 2018. Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan tahubaxo ibu Pudji Ungaran dalam perspektif ekonomi islam.Skripsi. Prodi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Gusmawansyah. 2017. Strategi pemasaran kerupuk udang industri rumahan di desa Pagatan Hilir kecamatan Katingan Kuala. Skripsi. Prodi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (Online) (http://kbbi.web.id/pusat) Diakses 08 November 2020

Kurdi,Sulaiman dkk. 2018. “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Peningkatan Penjualan pada Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah di Kabupaten Kendalâ€. Jurnal pendidikan Bisnis dan Ekonomi (Online). Vol 4 nomer 2.

(https://jurnal.uns.ac.id/bise) diakses 20 Desember 2020.

Kurniawan, Aris. 2020. Pengertian pemasaran global dan contoh, manfaat serta konsepnya. Gurupendidikan.co.id.

Laila, Nor., Jaya, Bahwiyanti. 2019. “ Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan pada PT. Titipan Kilat Banjarmasinâ€. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis (Online). Jilid 5 nomer 3 hal 301-311 (http://ejournal.stiepancasetia.ac.id/

index.php/jieb) diakses 18 Desember 2020.

Murtini, Afri, dkk. 2019. “Analisis Bauran Pemasaran (7P) untuk Menentukan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Home Industri CV Melati Kota Pangkal Pinang)â€. Jurnal Progresif Manajemen Bisnis (Online). Vol 6, (e-jurnal@stieibek.ac.id) diakses 18 Desember 2020.

Musthofa, Nurul. 2019. Strategi usaha produksi air legen terhadap peningkatan pendapatan masyarakat desa Paciran kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Proposal penelitian. Prodi manajemen fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan.

Rachmawati, Rina. “Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Pada Bisnis Restoran)â€. Jurnal Kompetensi

Teknik. (Online) Vol 2 nomer 2 (Tjp_unnes@yahoo.com) diakses pada 25 Desember 2020. Universitas

Lamongan Muhammadiyah

R, Halan dwi bagus. 2019. Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk di MH Mart Jompong Brondong Lamongan. Proposal penelitian.Prodi Manajemen fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan.

Rusdi, Moh. 2019. “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume

Penjualan pada Perusahaan Genting UD Berkah Jayaâ€. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis. (Online). Vol 6 (02) (http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb) diakses 22 Desember 2020

Sairo, Hesti. Dkk. 2018. “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap

Peningkatan Penjualan Produk Ikan Kaleng Issabela pada PT. Sinar Purefood Internasional Bitung. Jurnal Administrasi Bisnis. (Online) Vol 6 nomer 2 (hestysairo@gmail.com) diakses 25 Desember 2020

Sensus ekonomi. 2016. Kominfo Jatim dinas komunikasi dan informatika provinsi Jawa Timur. Kominfo.jatimprov.go.id

Sugiyono.2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.23.Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2019. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (konsep, strategi, dan kasus). Yogyakarta:CAPS (center of academic publishing service).

Tips serba serbi. 2016. Pengertian bauran pemasaran 4P dan 7P. tipsserbaserbi.blogspot.com.

Universitas Muhammadiyah Lamongan. 2020. Pedoman Penyusunan Skripsi (Proposal, Laporan, dan Ujian). Fakultas Ekonomi dan Bisnis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal Economics, Management, and Business Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020. Journal Economics, Management, and Business Research