Pengaruh Kualitas Produk dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rumah Makan Buk To Bangkalan)

Rizky Wahyudha Rosiawan, Moh Ali Basyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji terkait pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen Rumah Makan Buk To Bangkaln yang bersifat infinity atau tidak di ketahui jumlahnya. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan accidental sampling sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linier Berganda, dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. 2) Word of Mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. 3) Kualitas produk dan Word of Mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Saran untuk Rumah Makan Buk To adalah harus meningkatkan kualitas produk dan promosinya.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Word Of Mouth dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Adi, H.W.P. 2022. Pengaruh kualitas produk,word of mouth terhadap keputusan pembelian mebel di semarang. jurnal inovatif mahasiswa manajemen. 6 (1): 62-76. Cahya, A.D. 2021. Analisis pengaruh service quality dan word of mouth (WOM) terhadap minat beli konsumen (studi kasus ukm bakpia boomber mas rangga gunung kidul. jurnal inovatif mahasiswa manajemen. 2 (1): 78-96.

Anggraeni, P., Dita,. Kumadji., Srikandi., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survey pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 37 No. 1. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Dani, A.R. 2021. Strategi diferensiasi produk, citra merek, terhadap keunggulan kompetitif minuman lega di labuhan batu.. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara.3 (1): 275-283.

Durianto & Darmadi. 2017. Pengaruh diferensiasi produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk makanan ringan pada umkm kota garut. Jurnal inovatif mahasiswa manajemen.2 (1): 1-8.

Effendi. 2018. Analisis strategi diferensiasi produk, diferensiasi layanan dan diferensiasi citra terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 2 (1): 68–81.

Firmansyah. 2018. Pengaruh Customer Relationshp Marketing dan word of mouth terhadap keputusan pembelian. Jurnal mirai manajemen.7 (1): 157-168.

Kotler, P. & Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2, edisi 12. Ahli bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Erlangga

Kotler, P & Amstrong, G. 1997. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi keempat. Terbitan pertama. Jakarta Erlangga.

Kotler, P & Amstrong, G. 2001. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, Jakarta, PT. Index.

Kotler, P & keller, 2005. Manajemen pemasaran, edisi 12, penerbit: Ahli bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Erlangga

Kotler. 1997. Manajemen pemasaran edisi 4. Jakarta: Penerbit PT Prenhallindo.

Sugiyono. 2013. Metode Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung alfabeta.

Sujarweni. 2016. Pengaruh Word Of Mouth (Talkers and Tools) Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pelayanan Jasa Gojek. Jurnal manajemen pemasaran modern.1 (1): 126-137.

Sukardi, 2020, Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 11-26. Winarni, 2018. Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal Economics, Management, and Business Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020. Journal Economics, Management, and Business Research