Penerapan Forecast Penjualan Dengan Metode Least Square Dalam Usaha Memperkecil Tingkat Penyimpangan Antara Rencana Dengan Realisasi Penjualan Pada Toko Meubel Kharisma Sugihan, Solokuro, Lamongan

Suyitno Suyitno, Amanatul Zahrotul Jannah

Abstract


Pendahuluan: Forecast penjualan merupakan landasan yang akan memberikan suatu informasi terpenting didalam menyusun rencana penjualan. Dengan adanya ramalan dengan metode tertentu akan dapat mengurangi resiko dan ketidakpastian dalam memberikan gambaran tentang keadaan permintaan di masa depan sehingga dapat dipakai sebagai pedoman bagi perusahaan dalam melaksanakan kegiatan produksinya pada Toko Meubel Kharisma Sugihan Solokuro Lamongan. Metode: Penelitian ini menggunakan data skunder yang diperoleh dari Toko Meubel Kharisma Sugihan Solokuro Lamongan. Untuk menganalisis data dalam menentukan teknik forecast penjualan dengan mengguanakan metode least square, sedang pengujian hipotesisnya menggunakan uji beda dua rata-rata dan uji t. Hasil: Hasil penelitian menyatakan bahwa hipotsis kerja diduga forecast penjulan dengan metode least square.  

Kata Kunci: Forecast Penjualan, Tingkat Penyimpangan

Full Text:

PDF

References


Adisaputro, G. dan Asri, M. (1995). Anggaran Perusahaan. Jilid Pertama, Edisi Ketiga, Cetakan kedelapan. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Anomi. (1997). Pedoman Penyusunan Usulan Penelitian dan Skripsi. Penerbit KPN Universitas Pembangunan Nasional

Asri, M. (1991). Marketing, Edisi kesatu, Cetakan kedua. Yogyakarta: Penerbit UPP-AMP YKPN.

Assauri, S. (1993). Manajemen Produksi Edisi keempat. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

. (1994). Teknik dan Metode Peramalan Penerapanya dalam Ekonomi dan Dunia Usaha, Edisi Kesatu. Jakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Djarwanto, Ps dan Subagyo. (1991). Statistik induktif, Edisi Keempat. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Handoko, H. (1995). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Marzuki. (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Munandar. (1995). Budgeting. Edisi Satu Cetakan Kesembilan. Yogyakarta: Penerbit BPFE. Universitas Gajah Mada.

Subagyo, P. (1984). Forecasting Konsep dan Aplikasi, Jilid Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hariwati, IB.(1991). Penerapan Ramalan Penjualan dengan Teknik Last Square pada PD. Aneka Kimia Unit Pabrik Cat Patna di Surabaya.

Sari, IS. (1990). Peranan Ramalan Penjualan dengan Metode Least Square dalam Usaha Memperkecil Selisih Antara Rencana dengan Realisasi Penjualan Minuman Segar “Sari Rasa†pada CV. Jaya Makmur di Cilacap


Refbacks

  • There are currently no refbacks.