Implementasi Pelayanan Melalui Analisis Hot-Fit Model Pada Perum Perikanan Indonesia Cabang Brondong-Lamongan
Abstract
Pendahuluan: Perum Perikanan merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang perikanan dagang dan jasa. Dimana kepuasan menjadi sorotan utama pada strategi penting perusahaan.pelayanan juga termasuk strategi penting dalam perusahaan dimana pelayanan sangat berkaitan erat dengan masyarakat/pelanggan. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian menggunakan pendekatan metode Deskriptif Kualitatif. Dalam pengumpulan data, penyusun menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah Analisis Hot-Fit Model yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data dilakukan.kegiatan ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem pelayanan yang dilakukan Perum Perikanan dalam memenuhi pelayanan agar tercapai kepuasan pelanggan adalah selalu memberikan pelayanan yang baik terutama dengan menjaga sopan santun dan keramah-tamahan. Adanya kepuasan pelanggan dapat di pastkan berasal dari adanya kualitas pelayanan yang prima yang diberikan oleh pihak perusahaan.Aspek-aspek dala memenuhi kepuasan pelanggannya seperti realibility, responsiviness, ansurance, emphaty dan tangible.Â
Kata Kunci: Pelayanan, Kepuasan, Hot-Fit Model
References
Atep Adya Bharata, (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Hardiyansyah, (2007). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media
Hasan, (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: CAPS
Kotler, P. (2000). Marketing Management, Edisi Milenium. Prentice Hall: Inc Jersey.
Ratminto., Atik, S, W. (2007). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy., Anastasia, Diana. (2003). Total Quality Management. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi
Handari, B, S. (2018). Pengraruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen HCL, Skripsi, Institut Pertanian Bogor.
Laila, S, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan pelanggan UD Prima Karya Payaman Solokuro-Lamongan, Skrispi, Sekolah Tinggi Imu Ekonomi Muhammadiyah Paciran Lamongan
Sunarti, D, A, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Konsumen The Little Acoffee Shop Sidoarjo. Jurnal Administrasi Bisnis. 51(2): 1-7
Tarigan, P, R, A. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Kita-kita Tour and Traveling, Skrispi, Universitas Sumatra Utara, Medan.
Yusof, M. M., Kuljis, J., Papazafeiropoulou, A., Stergioulas, L. K. (2008). An Evaluation Framework For Health Information Systems: Human, Organization, and Technology-Fit Factors (HOT-Fit). International Journal of Medical Informatics, 77 (6), 386–398.