Implementasi Pelayanan Melalui Analisis Hot-Fit Model Pada Perum Perikanan Indonesia Cabang Brondong-Lamongan

Suyitno Suyitno, Anisa'ul Husna

Abstract


Pendahuluan: Perum Perikanan merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang perikanan dagang dan jasa. Dimana kepuasan menjadi sorotan utama pada strategi penting perusahaan.pelayanan juga termasuk strategi penting dalam perusahaan dimana pelayanan sangat berkaitan erat dengan masyarakat/pelanggan. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian menggunakan pendekatan metode Deskriptif Kualitatif. Dalam pengumpulan data, penyusun menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah Analisis Hot-Fit Model yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data dilakukan.kegiatan ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem pelayanan yang dilakukan Perum Perikanan dalam memenuhi pelayanan agar tercapai kepuasan pelanggan adalah selalu memberikan pelayanan yang baik terutama dengan menjaga sopan santun dan keramah-tamahan. Adanya kepuasan pelanggan dapat di pastkan berasal dari adanya kualitas pelayanan yang prima yang diberikan oleh pihak perusahaan.Aspek-aspek dala memenuhi kepuasan pelanggannya seperti realibility, responsiviness, ansurance, emphaty dan tangible. 

Kata Kunci: Pelayanan, Kepuasan, Hot-Fit Model


Full Text:

PDF

References


Atep Adya Bharata, (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Hardiyansyah, (2007). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media

Hasan, (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: CAPS

Kotler, P. (2000). Marketing Management, Edisi Milenium. Prentice Hall: Inc Jersey.

Ratminto., Atik, S, W. (2007). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy., Anastasia, Diana. (2003). Total Quality Management. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi

Handari, B, S. (2018). Pengraruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen HCL, Skripsi, Institut Pertanian Bogor.

Laila, S, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan pelanggan UD Prima Karya Payaman Solokuro-Lamongan, Skrispi, Sekolah Tinggi Imu Ekonomi Muhammadiyah Paciran Lamongan

Sunarti, D, A, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Konsumen The Little Acoffee Shop Sidoarjo. Jurnal Administrasi Bisnis. 51(2): 1-7

Tarigan, P, R, A. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Kita-kita Tour and Traveling, Skrispi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Yusof, M. M., Kuljis, J., Papazafeiropoulou, A., Stergioulas, L. K. (2008). An Evaluation Framework For Health Information Systems: Human, Organization, and Technology-Fit Factors (HOT-Fit). International Journal of Medical Informatics, 77 (6), 386–398.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.